Cara Belajar Coding untuk Pemula

Belajar coding merupakan salah satu kegiatan yang kini banyak dilakukan di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan meningkatnya mobilitas masyarakat dalam menggunakan aplikasi dan website.

Sehingga membuat banyak perusahaan berlomba-lomba mencari talenta IT terbaik untuk bisa beralih ke bisnis digital. Selain itu, di zaman digital seperti sekarang belajar coding bisa dilakukan dengan beberapa cara. 

Untuk Anda yang ingin belajar coding dan berkarier menjadi Programmer. Simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Belajar Coding untuk Pemula

Sebelum terjun lebih banyak ke dalam dunia pemrograman, Anda harus belajar coding dari dasar terlebih dahulu. Coding merupakan menerjemahkan persyaratan logika pseudocode (diagram ukur) di dalam suatu bahasa pemrograman dalam bentuk huruf, angka atau simbol.

Dengan beberapa unsur tersebut bisa membuahkan hasil program berupa web maupun aplikasi. Definisi coding adalah menerjemahkan ide data yang dimiliki menjadi sebuah perintah dari komputer agar bisa menjalankan sesuai dengan keinginan

Manfaat belajar coding dari nol adalah untuk melatih daya pikir secara logika supaya bisa membangun suatu algoritma dan memecahkan suatu masalah di dalam program supaya bisa berjalan lancar. Maka dari itu, untuk masalah kegiatan belajar ini sangat penting.

Belajar Coding Otodidak

Ilmu dasar dari belajar coding bisa dipelajari secara otodidak dengan cara membaca buku atau belajar coding online melalui platform video di internet. Dari situ, Anda bisa belajar mengenai dasar-dasar coding serta bisa mendapatkan tutorial coding bagi pemula yang akan melakukan implementasikan sebagai langkah awal atau pemula.

Tips Belajar Coding

Tips Belajar Coding

Bagi Anda pemula yang ingin belajar coding, sebaiknya pahami dulu istilah-istilah dalam pemrograman agar lebih mempermudah dalam proses belajar. 

Seperti yang diketahui, untuk masalah belajar coding ini bukan menjadi satu hal mudah begitu saja dilakukan. Ada beberapa tips yang harus dipersiapkan oleh Anda, yaitu:

1. Memahami Konsep Coding

Ada lima konsep yang bisa menjadi dasar coding yang harus dipahami sebelum belajar coding untuk membuat sebuah program. Untuk beberapa konsep dasar coding yang harus Anda ketahui, adalah:
  • Variabel : merupakan nilai angka, character string atau memory addres yang memberikan kemungkinan kepada pihak developer untuk membuat suatu program.
  • Control Structure : merupakan serangkaian blok pemrograman yang dipergunakan untuk melakukan analisis dan menentukan arah selanjutnya. Untuk masalah control structure ini bisa mengubah alur dari jalannya suatu pemograman.
  • Struktur Data : di dalam istilah pemrograman, struktur data merupakan cara menyimpan, menyusun dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer supaya bisa dipergunakan secara efisien. Selain itu, struktur data juga sering disebut dengan format khusus untuk melakukan analisis dan menyimpan data sesuai dengan tujuan.
  • Syntax : adalah kode atau script yang dipahami oleh komputer untuk melakukan perintah developer. Pada saat melakukan belajar coding, Anda harus mengikuti Syntax yang merupakan aturan dari bahasa pemrograman.
  • Tools : merupakan serangkaian program komputer yang diperlukan untuk menciptakan, memelihara, mendukung dan menjalankan debug terhadap suatu program atau aplikasi.

2. Mengenal Bahasa Pemrograman

Ada banyak sekali bahasa komputer yang dapat dipergunakan untuk belajar coding. Selain itu, bahasa komputer merupakan istilah alternatif dengan cakupan yang lebih luas daripada bahasa pemrograman yang biasa dipergunakan.

Bahasa pemrograman ini diperlukan guna bisa membuat website atau aplikasi. Anda bisa belajar komputer untuk pemula dan berikut bahasa atau macam-macam jenis bahasa komputer yang harus Anda ketahui:
  • Javascript : merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan pada semua web browser. Penggunaan Javascript lebih banyak dipergunakan untuk membuat halaman di sebuah website supaya bisa menjadi interaktif dan cepat diakses di dalam browser.
  • HTML : adalah tulang punggung yang ada di dalam sebuah website. Bahasa pemrograman yang satu ini kerap dipergunakan untuk menentukan struktur dan konten website ditemukan di dalam halaman internet. Untuk HTML terdiri dari beberapa short codes yang nantinya akan menjadi sebuah text yang disimpan menjadi file HTML.
  • CSS : adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. CSS merupakan bahasa pemrograman yang dipergunakan untuk melakukan kontrol pada tampilan HTML. Bahasa pemrograman yang satu ini biasa dipergunakan untuk menentukan warna, font, background sampai dengan tampilan sebuah website.
Bagi Anda yang ingin belajar coding secara singkat dan bisa langsung dipraktikkan di dunia kerja. Bootcamp Hacktiv8 bisa jadi pilihan yang tepat karena sudah teruji menghasilkan lebih dari 1500 talenta digital dari berbagai latar belakang.

Nah, itulah penjelasan secara lengkap mengenai tips belajar coding dari awal maupun pemula. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin terjun ke bidang IT.

Posting Komentar untuk "Cara Belajar Coding untuk Pemula"