Step by Step Mengangkat Barang yang Benar

Untuk mengangkat barang tidak bisa dilakukan sembarangan. Akibat asal-asalan mengangkat barang adalah cedera punggung. Jika sudah mengalami cedera tidak mudah untuk penyembuhan. Makanya perlu untuk mengetahui cara mengangkat barang yang benar dan penggunaan alat bantu yang tepat.

Salah satu cara meringankan beban dan mengurangi kecelakaan ketika mengangkat barang gunakan mini hoist atau katrol elektrik mini. Namun, ada step-step yang bisa dilakukan jika tanpa katrol elektrik mini. Stepnya sebagai berikut.

10 Step Mengangkat Barang dengan Tepat

Step by Step Mengangkat Barang yang Benar

Sebelum mengangkat barang pastikan terlebih dahulu seberapa berat barang yang akan dipindah. Cek berat barang dengan mendorongnya. Jika berat sekali jangan mencoba untuk mengangkat sendirian, carilah bantuan untuk membantu memindahkan.

1. Gunakan Alat Pelindung

Alat pelindung ini digunakan pada lengan dan kaki. Gunakan sarung tangan untuk menghindari lecet pada jari-jari tangan. Terutama untuk perlindungan lutut dan siku lengan.

Hindari tangan basah dan licin agar tidak mengganggu ketika memegang barang. Jika barang yang dipindahkan licin tambahkan lapisan yang bisa menahan kelicinan di tangan.

2. Perhatikan Jalur

Jalur yang akan dilewati untuk memindahkan barang perlu diperhatikan. Apakah sempit, licin, naik, atau turun. Dengan mengetahui jalur akan menyiapkan tubuh dan sigap ketika jalan tidak rata.

3. Berat Benda

Cek terlebih dahulu berat benda yang akan dipindahkan. Jika melebihi kekuatan diri sebaiknya minta bantuan orang lain.

4. Posisi Badan

Posisi badan untuk mengangkat barang jangan langsung membungkuk. Posisinya sedikit menjongkok tapi tidak menekuk ke bawah. Dengan posisi setengah jongkok agar menghindari tulang belakang cidera.

5. Kuatkan Pijakan

Gunakan alas kaki yang bisa menjejak di pijakan dengan kuat dan kencang. Ketika mengangkat barang, pastikan punggung tidak ikutan bungkuk tapi lurus. Cengkraman tangan di barang dengan kuat. Kemudian berdiri menggunakan otot kaki bukan punggung.

6. Gunakan Lutut sebagai Tumpuan

Dengan posisi setengah jokok berarti menumpukan beban pada lutut kaki bukan pada punggung.

7. Gunakan Otot Perut

Untuk membantu lutut dan tubuh mengangkat barang gunakanlah otot perut.

8. Belok/Balik Gerakan Seluruh Tubuh

Ketika dalam jalur belokan atau salah jalu mau balik maka jangan hanya kaki saja yang belok tapi bersamaan dari atas sampai bawah. Sehingga tubuh tidak kaget ada perubahan di salah satu bagian tubuh yang berpindah.

9. Meletakan Barang

Ketika waktunya meletakan barang di tempat yang dituju jangan tiba-tiba punggung membungkuk. Posisikan sama dengan mengangkat barang yaitu turunkan kaki setengah jongkok, kemudian letakan barang di tempatnya. Apapun yang terjadi posisikan punggung untuk tetap lurus tidak bengkok.

10. Perhatikan Lokasi Barang

Bagaimana jika barang disimpan di atas jauh di dari ketinggian tubuh? Maka gunakanlah tangga yang kuat untuk mengambilnya. Atau jika raknya bisa dijangkau oleh tangan maka jarak antara tubuh dan rak harus dekat. Keluarkan barang dengan pelan-pelan dan turunkan sejajar dengan perut.

Gunakan step di atas untuk mengangkat beban terhindar dari cedera punggung. Ingat untuk selalu meminta bantuan jika barang yang diangkat terlalu berat.

Jika barang ber volume luas, dan tinggi sebaiknya gunakan alat tambahan yaitu mini Hoist. Apalagi katrol elektrik mini yang menggunakan daya untuk memindahkan barang, jadi lebih efisien waktu maupun tenaga.

Mengenal Mini Hoist

Mini Hoist atau katrol elektrik mini merupakan alat pesawat angkat yang menggunakan kekuatan listrik dan dioperasikan oleh manusia. Katrol elektrik mini hanya berfungsi untuk menaik/turunkan barang saja. kapasitasnya itu bisa mulai dari 150 kg - sampai 1 ton maksimal.

Keuntungan menggunakan katrol elektrik mini adalah memudahkan pekerjaan, tidak menguras tenaga banyak, mudah pengoperasiannya, efisien waktu, bisa memindahkan barang dengan cepat dan banyak, alatnya awet bisa digunakan bertahun-tahun, berat alat ringan sehingga mudah dipindah-pindahkan, dan keuntungan lainnya yang bermanfaat bagi pekerjaan manusia.

Untuk mendapatkan mini Hoist yang berkualitas tinggi bisa ditemukan di Megajaya.co.id. Sebuah distributor yang berfokus hanya menjual peralatan dan perlengkapan lifting. Menggunakan katrol elektrik mini mengurangi cedera punggung. Dapatkan mini hoist berkualitas di sini.

Posting Komentar untuk "Step by Step Mengangkat Barang yang Benar"