Manfaat Cloud Computing untuk Perusahaan

Untuk sebuah perusahaan maupun organisasi tentunya memerlukan cloud computing sebagai penyimpanan cloud termurah untuk mempermudah interaksi antar komputer. Terlebih manfaat menggunakan teknologi komputasi dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Tentunya sebuah perusahaan membutuhkan penyimpanan data yang besar agar semua berkas dapat tersimpan dengan baik. Namun, besarnya kapasitas yang harus tersedia akan memakan biaya besar dalam menyediakan infrastruktur yang besar juga.

Agar pengeluaran perusahaan tidak memakan biaya besar, maka cloud computing menjadi solusi terbaik untuk membuat dan menyimpan dokumen. Dimana dalam mengakses cloud computing hanya membutuhkan jaringan internet.

Manfaat Layanan Cloud Computing Bagi Perusahaan

Manfaat Layanan Cloud Computing Bagi Perusahaan

Cloud computing adalah teknologi komputer yang menggunakan internet sebagai pusat server dalam membuat maupun menyimpan data-data. Sehingga untuk menggunakannya diperlukan akses yang terhubung dengan jaringan internet tanpa perlu instal aplikasi.

Walau tidak memerlukan instal aplikasi pengguna tidak perlu khawatir mengenai penggunaan memori, karena setiap data akan tersimpan secara virtual. Dengan begitu memori komputer tetap aman.

Adapun keuntungan bagi perusahaan yang menggunakan layanan cloud computing, yaitu:

1. Fleksibilitas

Layanan cloud computing bersifat fleksibel karena bisa diakses dari mana saja. Sehingga, akan memudahkan karyawan ketika berada di luar perusahaan karena cukup mengakses data yang terhubung dengan internet secara virtual.

Pun, dalam sebuah tim. Setiap anggota tidak harus berada dalam satu tempat untuk saling berinteraksi mengenai progres pekerjaan. Setiap tim dapat bekerjasama secara virtual dengan mudah.

2. Interaksi Lebih Efektif dan Efisien

Sebuah perusahaan dapat berjalan karena adanya interaksi yang efektif antar karyawan. Baik itu saling berbagi file maupun melakukan editing. Dalam memudahkan interaksi ini layanan cloud computing akan membantu pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Cloud computing juga akan membantu karyawan melakukan update informasi ketika berada di luar kantor untuk diketahui karyawan lainnya. Hal ini karena akses cloud computing dilakukan secara online.

3. Skalabilitas

Ketika perusahaan mengalami peningkatan atau kemajuan bisnis maka data akan bertambah banyak. Dengan bertambahnya data kapasitas penyimpanan komputasi juga perlu ditingkatkan.

Jika perusahaan menggunakan infrastruktur sendiri, maka memerlukan dana yang besar untuk menambah kapasitas. Berbeda cloud computing sebagai penyimpanan cloud termurah karena cukup menambah kapasitas memori sesuai kebutuhan.

Selain itu dengan cloud computing perusahaan Anda dapat upgrade layanan ke akses yang lebih cepat. Dengan begitu skalabilitas penggunaan penyimpanan teknologi komputasi akan membuat kinerja karyawan menjadi lebih produktif.

4. Meningkatkan Daya Saing

Persaingan bisnis tidak terhindarkan, melainkan perusahaan harus mampu bersaing di tengah persaingan yang ketat. Jika tidak, maka perusahaan akan jauh tertinggal dan sulit berkembang.

Oleh sebab itu, setiap perusahaan penting untuk meningkatkan daya saing agar bisa tumbuh dan berkembang. Dimana dalam prosesnya, diperlukan kinerja setiap tim yang cepat dan tepat.

Untuk itu, perusahaan memerlukan cloud computing sebagai layanan penyimpanan yang mudah diakses dan setiap karywan atau anggota tim bisa saling berbagi data dengan fleksibel.

5. Backup Data Otomatis

Dokumen atau berkas penting harus memiliki penyimpanan cadangan. Agar ketika data utama rusak atau hilang masih ada data backup. Untuk memudahkan proses backup data tersebut cloud computing memiliki fitur backup data secara otomatis.

Alasan Penting Perusahaan Harus Menggunakan Cloud Computing

Dengan manfaat cloud computing di atas, tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan layanan penyimpanan dengan teknologi komputasi. Sebaliknya perusahaan wajib menggunakan layanan cloud storage ini.

Biaya murah dan bisa mengehmat banyak hal dibandingkan dengan menggunakan infrastruktur sendiri menjadi kelebihan cloud computing yang tidak dapat diabaikan. Selain itu kemudahan akses yang fleksibel pun menjadi nila plus.

Beralih ke layanan teknologi komputasi, Anda dapat menggunakan layanan penyimpanan cloud storage milik Telkom yaitu Cloud Storage IndiHome. Layanan ini akan membantu perkembangan perusahaan agar terus meningkat.

Dimana menawarkan layanan berupa akses mudah cukup dengan terhubung ke internet, mampu menampung bberbagai format file, bisa berbagi langsung dengan pengguna, dan akses yang aman dengan adanya standar otentikasi biometrik.

Tidak dipungkiri cloud computing memberikan solusi terbaik dan manfaat bagi perusahaan agar terus bergerak ke depan.

Posting Komentar untuk "Manfaat Cloud Computing untuk Perusahaan"