Manfaat Kelas Online IndiHome Study Bagi Pelajar

Di era digital seperti saat ini aplikasi belajar online menjadi solusi dalam proses sistem pembelajaran secara online atau disebut juga sebagai e-learning.

E-learning sepenuhnya memanfaatkan teknologi digital dalam melakukan aktivitas pembelajaran. Misalnya kelas online berlangsung melalui video zoom. Sehingga interaksi antara guru dan murid dapat berjalan seperti kelas pada umumnya.

Apa itu Kelas Online IndiHome Study?

Kelas online adalah suatu proses pembelajaran yang dilakukan secara daring melalui internet dengan menggunakan media digital.

Proses belajar melalui media digital sudah berlangsung sejak adanya Pandemi Covid-19 dalam menghindari penularan virus. Dari pembelajaran yang awalnya tatap muka (PTM) beralih ke pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Hingga saat ini pun pembelajaran jarak jauh menjadi solusi untuk menghindari tertularnya virus corona ketika belajar tatap muka. Dan, sejak saat itu juga banyak bermunculan aplikasi belajar online.

Aplikasi belajar online hadir untuk memberikan kemudahan kepada guru dan siswa dalam melakukan proses pembelajaran.

Oleh sebab itu, hadirnya aplikasi belajar online menjadi angin segar yang memberikan manfaat agar sistem pembelajaran berlangsung sebagaimana mestinya.

Seperti IndiHome yang membuat gebrakan baru dengan menghadirkan kelas online yang akan memudahkan guru dalam memberikan materi pelajaran. Dimana materia yang tersedia sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia.

Keunggulan lain dari Kelas Online IndiHone yaitu sistem absensi yang lebih praktis dan mudah. Berbeda ketika guru harus menyediakan kelas online sendiri dari materi, tugas, dan absensi.

Kerepotan yang guru alami tersebut menjadi kendala tersendiri sejak pembelajaran jarak jauh dimulai. Apalagi saat itu, sistem pembelajaran secara daring belum jelas. Sedangkan, online course masih baru bagi guru maupun murid di Indonesia.

Walau beberapa lembaga swasta sudah menerapkan e-learning sebelum adanya pandemi, tetapi kali ini kasusnya berbeda karena yang dari kelas tradisional pun harus melakukan pembelajaran daring.

Tidak heran jika diawal-awal banyak sekali permasalahan yang muncul yang bahkan melibatkan emosi orang tua. Namun, sekarang semua pihak sudah mulai terbiasa dengan kelas online.

Manfaat Kelas Online IndiHome Study Bagi Pelajar

Manfaat Kelas Online IndiHome Study Bagi Pelajar

Kelas Online menjadi bagian sistem pendidikan di Indonesia saat ini dan akan berlangsung kedepannya. Karena, kelas online memberikan banyak manfaat bagi guru dan pelajar.

Adapun manfaat yang dapat diperoleh pelajar dari Kelas Online, yaitu:

1. Pendekatan yang Lebih Baik

Kelas online merupakan sistem pembelajaran terbaik untuk kalangan pendidik maupun murid. Dimana interaksi akan tetap berlangsung seperti kelas tradisional. Hal ini karena proses belajar dapat berupa pertemuan virtual.

Untuk materi pembelajaran pun menggunakan kombinasi konten formal dan informal yang bertujuan agar kelas berlangsung menyenangkan.

2. Bersifat Privasi Secara Personal

Materi pembelajaran e-learning ada yang hanya menyediakan video untuk siswa tonton dan menyelesaikan tugas yang diberikan tanpa adanya interaksi dengan guru. Namun, ada juga kelas online yang menyediakan interaksi interaktif.

Dimana kelas interaktif memungkinkan anak untuk bertanya langsung kepada guru apabila ada materi yang belum dimengerti.

Biasanya kelas online interaktif bersifat lebih pribadi karena hanya untuk satu siswa.

3. Belajar Tidak Mudah Bosan

Pembelajaran online tidak kalah menariknya dengan kelas tatap muka di sekolah. Karena, guru akan menawarkan atau menyediakan media pembelajaran yang berbeda-beda.

Misalnya berupa video, audio, dan media lain yang membuat anak tidak mudah bosan. Selain itu, bertujuan agar anak mudah memahami setiap materi pembelajaran.

4. Kelas Online dapat Menghemat Biaya dan Waktu

Kelas online selain memberikan kemudahan dalam melakukan proses belajar, baik guru maupun anak akan lebih menghemat biaya dan waktu.

Sebagai contoh saat pemberian tugas. Di kelas tradisional terkadang anak harus mengeluarkan biaya tambahan untuk print out tugas. Berbeda dengan kelas daring, karena anak dapat mengirimkan tugas secara online.

Dari segi waktu pun, tentunya lebih fleksibel karena bisa dilakukan di rumah selama media yang digunakan tersambung dengan internet.

5. Nyaman dan Fleksibel

E-learning membuat guru dan murid menjadi lebih nyaman karena tidak harus ke luar rumah. Selain itu, waktu untuk belajar online bisa fleksibel dengan menyesuaikan aktivitas sehari-hari.

6. Proses Belajar Bisa di Rekam atau di Dokumentasikan

Ketika belajar langsung secara tatap muka di sekolah tidak ada hasil rekaman dari setiap proses pembelajaran. Berbeda dengan kelas online karena setiap kelas dapat direkam untuk dokumentasi.

Hal ini juga akan bermanfaat untuk anak dalam mengulang kelas yang telah berlangsung.

7. Dapat Menerapkan Social Distancing

Pandemi Corona Virus tidak kunjung usai dan entah sampai kapan. Sehingga belajar online masih berlangsung agar anak tetap bisa mendapatkan ilmu pengetahuan.

Tujuan lain dari kelas online yaitu dalam menerapkan social distancing. Sehingga kasus suspek covid-19 tidak meningkat karena belajar cukup dilakukan dari rumah.

Manfaat Online Course memudahkan guru dan pelajar dalam proses belajar selama pembelajaran jarak jauh. Apalagi dengan hadirnya Kelas Online IndiHome.

Aplikasi belajar online IndiHome menyediakan materi ajar berdasarkan kurikulum 2013. Terdapat juga fitur absensi yang lebih praktis dan mudah dalam pendataan siswa yang hadir.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kelas Online IndiHome Study Bagi Pelajar"