Apa Itu Payment Gateway, Manfaat dan Cara Kerjanya

Payment gateway Indonesia saat ini mulai banyak berkembang seiring dengan banyaknya bisnis online maupun offline. Payment gateway ini didalangi oleh teknologi digital yang semakin maju, sehingga bisnis semakin mudah dijalani dan konsumen pun semakin puas dengan kemudahan yang didapat.

Terlepas dari keunggulan yang dimiliki payment gateway Indonesia, rupanya tidak semua lapisan masyarakat yang mengenal dan memahaminya. Bahkan ada yang sebenarnya sudah melakukan payment gateway, namun tak tahu apa itu payment gateway.

Apa itu Payment Gateway Indonesia ?

Payment gateway Indonesia adalah sistem pembayaran online yang memfasilitasi berbagai proses pembayaran di Indonesia baik melalui transfer bank, kartu kredit, e-wallet sampai sistem pembayaran PayPal.

Dalam menjalankan perannya sebagai media yang mempermudah transaksi online, payment gateway dilengkapi dengan sistem pengamanan yang ketat, yaitu :

1. Address Verification System

Address verification system adalah metode verifikasi dari sistem keamanan payment gateway yang memastikan semua data pelanggan jelas. 

Seperti nomor telepon, email, kartu kredit dan juga alamat pelanggan. Sehingga tidak akan terjadi salah penagihan karena disesuaikan dengan alamat yang terdaftar.

2. Card Security Code

Keamanan kode kartu ini memastikan terjadinya transaksi online jika memiliki 3 angka terakhir yang ada pada kartu debit atau kartu kredit. Jika tidak, maka transaksi akan ditangguhkan.

3. 3D Secure Password

Hanya pelanggan yang memikii password untuk membuka akses transaksi online. Melalui 3D secure password, transaksi dipastikan hanya bisa dilakukan oleh pelanggan karena memiliki password yang hanya diketahui oleh dirinya sendiri.

Manfaat Payment Gateway Indonesia

Manfaat Payment Gateway Indonesia

Payment gateway terbukti mampu memberikan kelancaran usaha atau bisnis yang ada di Indonesia. Bukan hanya itu, payment gateway juga menyumbang banyak manfaat lainnya seperti :

1. Opsi Pembayaran Lebih Banyak

Payment gateway memberikan opsi pembayaran online yang beragam. Tentu saja ini memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi online karena tidak terpaku pada satu metode pembayaran saja. Misal transfer bank saja,

Pelanggan yang tidak memiliki rekening di bank, masih bisa melakukan pembayaran melalui e-wallet atau paypal. Segala macam metode pembayaran online bisa dilakukan lewat payment gateway ini.

2. Transaksi Online Lebih Mudah

Transaksi online jelas lebih mudah dilakukan dengan payment gateway. Pihak pembeli dan penjual tidak perlu bertemu langsung untuk melakukan transaksi. Semuanya bisa dilakukan dalam jarak jauh. Metode ini sangat menguntungkan dan memudahkan kedua belah pihak.

3. Transkasi Lebih Cepat Dilakukan

Payment gateway memungkinkan transaksi online dilakukan dalam waktu yang cepat dan singkat. Tentu saja ini menghemat waktu dan tenaga, sehingga bisa dijadikan rekomendasi terbaik untuk melakukan transaksi online.

4. Keamanan Lebih Terjamin

Sistem keamanan dalam payment gateway Indoensia dibuat berlapis, sehingga data pelanggan aman dan terlindungi secara maksimal. Kemanan dalam bertransaksi inilah yang membuat payment gateway Indonesia jadi pilihan banyak konsumen untuk melakukan transaksi online.

5. Tidak Ada Limit Transaksi

Keuntungan mengguankan payment gateway Indonesia adalah tidak adanya limit transaksi. Hal ini tentu menguntungkan karena biasanya sistem perbankan membatasi jumlah tertentu untuk bersaksi. 

Dengan sistem ini, penjual atau pembeli dapat melakukan transaksi dalam jumlah besar dalam satu waktu.

6. Jangkauan Hingga Ke Mancanegara

Payment gateway Indonesia juga melayani pertukaran kurs dollar, sehingga memudahkan pelanggan yang melakukan perjalanan keluar negeri atau melakukan transaksi keluar negeri. 

Jangkaun payment gateway Indonesia ini sudah mencapai mancanegara dan bersifat global, karena dapat diterima di negara mana saja.

Cara Kerja Payment Gateway Indonesia

Cara Kerja Payment Gateway Indonesia

Setelah mengetahui manfaat dari payment gateway Indonesia, saatnya untuk mengetahui cara kerja dari sistem pembayaran online yang mutakhir ini. Langkah-langkahnya yaitu :

1. Konsumen Melakukan Transaksi

Pertama-tama, konsumen melakukan transaksi online dengan membeli suatu barang atau jasa kepada pihak penjual. Untuk pembayarannya, dipilihnya opsi payment gateway yang bisa menampung semua pembayaran online.

2. Informasi Payment Gateway Akan Diteruskan ke Prosessor Pembayaran

Konsumen yang sudah menentukan untuk melakukan payment gateway selanjutnya memilih jenis transaksi yang ingin dilakukan. Apakah transfer bank, e-wallet, paypal atau lainnya. Misalnya konsumen memilih transfer bank, maka informasi tersebut akan diteruskan kepada pihak bank.

3. Informasi Diterima Asosiasi Penerbit

Informasi dari jenis payment gateway akan diterima oleh pihak penyedia opsi pembayaran. Misalnya pihak bank tadi. Dari sini, bank akan memproses segala informasi yang didapat dengan mencocokkan data konsumen yang sesuai. Missal menggunakan visa atau kartu kredit.

4. Pemberian Kode Khusus

Langkah selanjutnya yaitu pemberian kode khusus dari pihak bank kepada penyedia prosessor. Kode ini mirip dengan OTP, tapi hanya diketahui oleh penerbit kartu dan penyedia payment gateway saja, sehingga keamanannya benar-benar terjamin.

5. Transaksi Berhasil

Kode khusus tersebut akan ditanggapi oleh penyedia payment gateway dan mengubah status pembayaran menjadi lunas. Saldo konsumen pun otomatis berkurang sesuai harga yang sudah dibayarkan.

Informasi pelunasan ini akan disampaikan ke merchant pemasang, sehingga transaksi online pun berhasil dilakukan.

Midtrans Sebagai Payment Gateway Indonesia Terbaik

Midtrans adalah payment gateway Indonesia terbaik yang memberikan fasilitas lengkap tentang metode pembayaran online. Seperti e wallet, transfer bank, PayPal, kartu kredit dan lain sebagainya.

Midtrans bukan hanya bisa dilakukan untuk melakukan transaksi jual beli saja. Namun juga bisa digunakan untuk kirim dana dan berbagai keperluan bisnis, sehingga usaha pun bisa lebih mudah dikembangkan.

Midtrans sudah mengantongi sertifikat ISO / IEC 27001 yang merupakan standart kemananan transaksi online di Indonesia. Selain itu ada juga PCI DSS dan AES 256. Masing-masing termasuk standart keamanan data dan stardart enkripsi lanjutan.

Midtrans sudah mendapat ijin dari bank Indonesia dan terdaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik oleh Kominfo. Akses lengkapnya dapat dengan mudah dilakukan melalui midtrans.com.

keunggulan yang dimiliki Midtrans, membuatnya pantas mendapat gelar payment gateway Indonesia terbaik. Selain mudah, midtrans juga melayani 24 jam sehingga dapat menjadi solusi bisnis di segala bidang. Mau payment gateway Indonesia terbaik, di Midtrans saja.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Payment Gateway, Manfaat dan Cara Kerjanya"