4 Cara Menyembuhkan Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Sariawan merupakan luka yang terjadi di mulut, bibir, lidah, atau gusi. Sariawan tidak menular, namun dapat menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Sariawan biasanya sembuh dalam waktu dua minggu meski tidak diobati. Namun, karena rasa sakit yang ditimbulkannya, banyak yang mencari cara cepat menyembuhkan sariawan.

Apa yang Menyebabkan Sariawan?

Para ahli belum mengetahui secara pasti apa yang menjadi penyebab sariawan, namun ada beberapa pemicu umum penyakit ini, antara lain:
  • Perlakuan yang secara tidak sengaja dapat menyakiti mulut atau gusi, misalnya pipi bagian dalam/bibir tergigit, sedang menjalani perawatan gigi, atau pemasangan gigi palsu yang tidak pas.
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa mengiritasi, seperti buah dan sayuran asam; kopi, dan coklat.
  • Kekurangan vitamin dan zat gizi, seperti vitamin B12, folat, besi, dan zinc.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu atau sedang menjalani kemoterapi.
  • Masalah hormonal.
  • Adanya gangguan medis tertentu yang memicu timbulnya sariawan, seperti penyakit radang usus, serta
  • Stress.

Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat

Cara Menyembuhkan Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh

Langkah awal dari cara menyembuhkan sariawan yang tak kunjung sembuh adalah menghindari pemicunya. Anda juga dapat mencoba pengobatan rumahan untuk mengurangi rasa sakit dan membantu menyembuhkan luka, seperti di bawah ini:

1. Madu

Penelitian menemukan bahwa madu adalah obat sariawan herbal yang baik dan memiliki khasiat penyembuhan. Mengoleskan madu pada luka sariawan beberapa kali sehari dapat membantu mengurangi rasa sakit dan menyembuhkannya. Anda juga bisa mencampurkannya dengan teh dan meminumnya beberapa cangkir setiap hari.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya. Gunakan satu sendok makan minyak kelapa untuk berkumur setiap hari beberapa kali untuk mengurangi bakteri di mulut, menjaga kesehatan gusi, dan membantu proses penyembuhan.

3. Cuka Apel

Campurkan satu sendok teh cuka ke dalam secangkir air lalu gunakan untuk berkumur selama satu menit. Cuka apel cukup efektif untuk mengatasi kenapa sering sariawan namun Anda sebaiknya tidak menggunakannya lebih dari sekali sehari karena sifatnya sangat asam dan dapat merusak email gigi.

4. Vitamin

Mengonsumsi vitamin dan suplemen, seperti folat, vitamin B-6, vitamin B-12, atau zinc merupakan salah satu cara untuk menyembuhkan sariawan dengan cepat. Jika sariawan yang Anda alami tidak kunjung sembuh atau ada hubungannya dengan masalah kesehatan yang lebih serius, segera hubungi dokter untuk menanganinya.

Anda bisa membeli obat untuk menyembuhkan sariawan yang dijual bebas tanpa resep di apotek. Agar mendapatkan pengobatan terbaik, mintalah rekomendasi dari apoteker yang bertanggung jawab di sana. Untuk mendapatkan informasi terkini mengenai perkembangan farmasi di Indonesia, langsung saja akses situs web resmi PAFI Paniai di https://pafipaniai.org/.

Posting Komentar untuk "4 Cara Menyembuhkan Sariawan yang Tak Kunjung Sembuh"