Macam-macam Gigi di Dalam Mulut

Ada berbagai macam nama gigi di dalam mulut yang mungkin tak banyak diketahui oleh orang. Di antaranya ada gigi seri, gigi geraham, gigi taring dan lain-lain. Bentuk gigi geraham bawah, gigi sering atau gigi taring juga berbeda satu sama lainnya.

Tidak merawat gigi dengan baik tentu dapat menimbulkan berbagai macam penyakit di dalam mulut, hingga komplikasi yang mungkin berakibat fatal. Oleh karena itu, sejak dini kita sudah dianjurkan untuk rajin membersihkan gigi dengan sikat gigi secara rutin setiap hari.

Berbagai Jenis Gigi di Dalam Mulut

Macam-macam Gigi di Dalam Mulut

Mengenal jenis atau tipe gigi manusia sangatlah penting. Supaya saat terjadi masalah, kita tahu tindakan apa yang tepat untuk dilakukan.

Gigi Taring

Dari namanya mungkin Anda sudah bisa menebak bahwa bentuk gigi ini sangat tajam. Hal itu sesuai dengan fungsinya yang berguna untuk merobek makanan yang melihat, contohnya saja seperti daging. Dalam rongga mulut, gigi ini muncul masing-masing 2 di bagian atas dan bawah.

Gigi taring ketika masih dalam tahapan gigi susu biasanya bagian atas tumbuh lebih dulu daripada gigi taring di bagian bawah. Munculnya pun saat masih bayi ketika kita berusia 16-20 bulan.

Hal ini berbeda dengan tahapan gigi permanen, di mana ketika telah tanggal maka gigi taring yang muncul lebih dulu adalah bagian bawah di usia sekitar 9 tahun. Kemudian gigi taring atas pun akan mengikuti tumbuh di usia 11-12 tahun.

Gigi Seri

Jumlah gigi seri yang muncul dalam rongga mulut biasanya berjumlah 8 di mana ada 4 pada bagian atas dan 4 lagi di bagian bawah. Karena letaknya berada di bagian depan, maka tak heran jika merawat gigi seri sangat penting.

Pasalnya gigi ini dapat membuat kepercayaan diri kita jadi lebih baik apabila terlihat rapi dan bersih. Gigi seri biasanya muncul saat usia 6 bulanan, tapi kemudian akan tanggal dan digantikan gigi yang permanen.

Selain merawat dan membersihkan dengan rajin sikat gigi, Anda juga harus rutin melakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan gigi dengan mengunjungi dokter gigi setiap beberapa bulan sekali.

Gigi Geraham Depan

Gigi geraham depan atau disebut juga premolar memiliki fungsi yang sangat penting, yakni untuk mengunyah dan juga menggiling makanan. Gigi ini biasanya langsung tumbuh tanpa melewati tahapan perkembangan dari gigi susu terlebih dahulu.

Gigi geraham dicabut biasanya sangat sakit, sehingga Anda tidak boleh sembarangan. Letaknya berada dekat dengan gigi taring dan untuk orang dewasa terdapat sekitar 8 gigi geraham depan.

Total 8 gigi geraham ini berada di bagian mulut kiri atas masing-masing 2, di bagian kiri bawah masing-masing 2, di bagian kanan atas masing-masing berjumlah 2 dan yang 2 lagi masing-masing ada di bagian kanan bawah.

Gigi Geraham Belakang

Selain gigi geraham depan, kita juga punya gigi geraham belakang atau disebut juga dengan molar. Gigi geraham belakang yang satu ini berbeda dengan premolar, karena dalam prosesnya melalui tahapan gigi susu.

Dari segi fungsi sebenarnya tak jauh berbeda, karena baik premolar maupun molar gunanya untuk mengunyah dan menggiling makanan yang masuk ke dalam mulut. Untuk jumlahnya pun sama, yakni ada total 8 gigi geraham belakang yang kita miliki.

Dalam proses tumbuhnya gigi geraham belakang, pada tahapan gigi susu nantinya akan muncul ketika berusia 12-28 bulan. Kemudian supaya menjadi gigi permanen, nantinya di usia kurang lebih 6 tahun maka gigi geraham belakang ini akan tanggal.

Tips Merawat Gigi yang Benar

Mungkin tak sedikit orang telah menjalani proses pencabutan gigi geraham bawah. Fungsinya untuk mengunyah membuat gigi ini kerap kali mengalami kerusakan. Mulai dari berlubang hingga mengalami pembusukan dan sebagainya.

Dalam mencabut gigi geraham bawah, tentu harus melalui bantuan dokter yang sudah ahli agar tidak terjadi masalah tertentu. Namun, daripada mengobati bukankah lebih baik jika melakukan berbagai cara untuk mencegah gigi cepat rusak?

Selain memeriksakan diri ke dokter, Anda juga harus memperhatikan apa yang dikonsumsi mulai dari mengurangi makanan manis, rajin mengkonsumsi buah, sayur serta banyak minum air putih.

Akan tetapi itu semua juga harus diimbangi dengan rutin menyikat gigi menggunakan Pepsodent. Sejak dulu Pepsodent selalu berinovasi untuk membantu dalam merawat gigi Anda tetap sehat dan bersih.

Rutin sikat gigi dengan pasta gigi terbaik agar gigi tetap bersih dan sehat sehingga mampu meningkatkan kepercayaan diri Anda!

Posting Komentar untuk "Macam-macam Gigi di Dalam Mulut"