6 Cara Menyembuhkan Cedera Hamstring dengan Cepat

Cedera hamstring merupakan jenis cedera yang paling sering dialami oleh para pemain bola. Cedera hamstring menyebabkan ketegangan dan rasa nyeri yang menjalar pada bagian belakang paha. Anda yang hobi bermain bola perlu tahu ini, sehingga ketika mendapatkan cedera, bisa segera menanganinya.

Hamstring adalah kumpulan tiga otot yang letaknya membentang pada paha bagian belakang. Otot inilah yang memungkinkan kaki dapat menekuk dan meregang. Ketika mengalami cedera, maka otot akan menegang dan terasa nyeri yang menjalar di bagian belakang paha.

Salah satu penyebab cedera hamstring adalah kelebihan beban di salah satu otot hamstring. Pemicunya umumnya adalah aktivitas-aktivitas seperti gerakan berlari dan melompat.

Risiko akan semakin meningkat apabila tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum mulai berolahraga. Oleh karena itu, pemanasan harus, selalu dilakukan sebelum berolahraga. Selain itu aktivitas olahraga yang berlebihan juga meningkatkan risiko mengalami cedera hamstring.

Cara Menyembuhkan Cedera Hamstring

Cara Menyembuhkan Cedera Hamstring

Gejala cedera hamstring dikelompokkan menjadi tiga, yaitu tegang, robek sebagian dan robek seluruhnya. Masing-masing cedera membutuhkan cara penanganan yang berbeda.

Cedera yang ringan umumnya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan, namun yang kondisinya lebih parah perlu penanganan khusus. Untuk itu simak cara menyembuhkan cedera hamstring dengan cepat, berikut ini:

1. Istirahatkan kaki

Saat mengalami cedera hamstring, Anda akan merasakan urat paha ketarik. Untuk itu jangan melakukan aktivitas yang terfokus pada kaki. Dan selama masa pengobatan, istirahatkan kaki. Jika kesulitan berjalan, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti kruk.

2. Kompres kaki menggunakan es batu

Cara penanganan yang lain adalah dengan cara mengompres menggunakan es batu. Hal ini terbukti dapat mengurangi bengkak dan rasa nyeri. Maka kompres es selama 20 - 30 menit setiap tiga atau empat jam sekali. Lakukan secara rutin hingga rasa nyerinya hilang.

3. Balut menggunakan perban

Selanjutnya Anda bisa membalut kaki yang bengkak.Tujuannya yakni untuk melindungi kaki dari benturan.

4. Letakkan kaki lebih tinggi daripada kepala

Selanjutnya cara menangani cedera hamstring yang menyebabkan paha belakang sakit adalah dengan menggunakan tumpukan bantal sebagai penyangga untuk membuat kaki lebih tinggi saat duduk maupun berbaring. Posisi ini bertujuan untuk mencegah penumpukan cairan berlebih pada tubuh bagian bawah.

5. Obat pereda nyeri

Obat pereda nyeri antiinflamasi nonsteroid, misalnya ibuprofen atau naproxen dapat mengatasi rasa sakit serta mengurangi pembengkakan. Namun, obat ini hanya dapat dikonsumsi pada jangka pendek. Jika gejala-gejala sakit sudah mereda, Anda bisa berhenti meminumnya.

6. Lakukan terapi

Untuk menangani sakit paha belakang akibat cedera hamstring, Anda bisa melakukan terapi atau latihan khusus. Hal ini bertujuan untuk membuat otot hamstring kembali fleksibel sekaligus untuk membantu menguatkan kembali.

Cedera hamstring umumnya dialami para pemain bola. Jika Anda suka bermain bola, maka perlu tahu bagaimana cara penanganan yang tepat. Semakin cepat penanganan, maka akan mempercepat penyembuhannya. Untuk informasi cara pengobatan cidera bisa kunjungi link https://pafidogiyai.org/.

Posting Komentar untuk "6 Cara Menyembuhkan Cedera Hamstring dengan Cepat"