Memilih Aplikasi Payroll: Panduan Singkat untuk Bisnis

CaraManfaat.com - Setiap bisnis yang mempekerjakan karyawan memiliki semacam proses penggajian untuk membayar stafnya. Saat ini, banyak perusahaan memilih untuk bekerja dengan pihak ketiga yang menyediakan aplikasi payroll untuk membuat proses penggajian lebih sederhana dan nyaman daripada memprosesnya sendiri.

Dalam panduan ini, akan dibahas semua yang perlu Anda ketahui tentang apa yang ditawarkan paplikasi penggajian dan cara memilihnya.

Apa itu Aplikasi Payroll?

Apa itu Aplikasi Payroll?

Aplikasi payroll adalah layanan yang secara otomatis memproses penghitungan penggajian, laporan pajak penggajian, pajak akhir tahun, dan lainnya untuk perusahaan Anda. Penyedia penggajian layanan penuh juga menangani setoran dan penarikan untuk karyawan Anda, termasuk pelaporan karyawan baru.

Menggunakan aplikasi penggajian memudahkan pembayaran semua jenis karyawan, seperti pekerja penuh waktu, paruh waktu, dan pekerja lepas. Hal ini memungkinkan para ahli untuk menangani penggajian peruahaan saat Anda fokus pada bisnis.

Jenis Opsi Penggajian Lainnya

  • In-house: Jika Anda adalah perusahaan besar dengan banyak karyawan, menyewa departemen akuntansi in-house untuk menangani penggajian Anda adalah pilihan yang baik. Tim akuntansi akan mengetahui seluk beluk perusahaan dan budayanya, sehingga mereka akan terus menyesuaikan sesuai perubahan di perusahaan Anda. Mereka juga segera tersedia jika terjadi keadaan darurat atau perubahan menit terakhir.
  • Pembukuan: Pembukuan adalah orang yang menyiapkan akun Anda dan melacak keuangan. Ini adalah solusi untuk usaha kecil yang tidak memiliki banyak pegawai. Pembukuan bisa menjadi karyawan in-house, atau menggunakan outsoourcing.
  • Aplikasi payroll online: Jika Anda memilih untuk melakukan penggajian sendiri, ada banyak layanan online yang dapat Anda gunakan. Opsi ini membutuhkan lebih banyak waktu Anda, karena Anda akan memasukkan semua data dan memproses penggajian sendiri, tetapi ini akan menghemat uang Anda.
  • Software: Seperti layanan penggajian online, software penggajian memerlukan waktu Anda untuk memasukkan semua data. Ada opsi otomatis melalui software yang menghemat lebih banyak waktu daripada memproses semuanya sendiri melalui layanan online; namun, Anda harus memelihara software tersebut dan memeriksa ulang hasilnya untuk memastikan tidak ada kesalahan.
Jadi, Anda memiliki beberapa opsi tentang cara menangani penggajian - melibatkan perusahaan pemrosesan penggajian, melakukannya sendiri dengan software atau layanan online, atau menyewa pemegang buku atau akuntan melalui outsourcing.

Apa yang Ditawarkan Aplikasi Payroll Online?

Aplikasi payroll online beroperasi di cloud. Aplikasi tidak mengharuskan Anda untuk menginstal atau memelihara software apa pun, dan Anda dapat mengelola dan menjalankan penggajian Anda dari mana saja. Anda dapat menggunakan program semacam ini untuk membayar karyawan penuh waktu dan paruh waktu serta pekerja kontrak dan lepas.

Penggajian online biasanya mencakup berbagai layanan:
  • Pemrosesan penggajian: Layanan penggajian online secara otomatis menghitung berapa banyak karyawan yang harus dibayar setiap periode pembayaran. Sistem memperhitungkan tingkat upah, perbedaan shift, lembur, pembayaran liburan, pajak, dan jaminan sosial dan pengurangan klaim. Aplikasi kemudian mengotomatisasi pembayaran kepada karyawan dengan setoran langsung, kartu debit, atau cek.
  • Mengarsipkan dan membayar pajak gaji: Aplikasi dapat memotong pajak karyawan, mengajukan laporan pajak gaji triwulanan Anda, dan membayar pemotongan pajak karyawan Anda ke otoritas pajak.
  • Integrasi: Aplikasi payroll online terintegrasi dengan berbagai program terkait penggajian yang sudah digunakan bisnis, seperti software akuntansi, sistem waktu dan kehadiran, dan aplikasi HRIS.
  • Manajemen cuti: Banyak dari aplikasi mengelola waktu cuti berbayar dengan melacak berapa banyak cuti dan jam sakit yang diperoleh dan digunakan karyawan Anda. Beberapa solusi penggajian bahkan memfasilitasi permintaan cuti dan proses persetujuan.
  • Employee self-service: Biasanya, karyawan dapat mengakses sistem online untuk melihat potongan gaji, jatah cuti, dan formulir pajak akhir tahun mereka.
  • Akses mobile: Banyak sistem menawarkan aplikasi seluler atau situs web ramah seluler yang memungkinkan Anda mengelola dan menjalankan penggajian dari smartphone atau tablet.
  • Laporan penggajian: Laporan gaji dan tenaga kerja terperinci dari aplikasi dapat memberi Anda gambaran yang lebih dalam tentang bagaimana bisnis Anda beroperasi.
Manfaat terbesar dari aplikasi payroll online adalah mereka menyelesaikan semua pekerjaan terkait untuk Anda - penghitungan penggajian, pembayaran pajak penggajian, formulir pajak akhir tahun, dll. Dengan sistem ini, proses penggajian biasanya dapat dijalankan hanya dalam beberapa menit.

Seperti Talenta sebagai software payroll terbaik di Indonesia yang dapat melakukan berbagai tugas terkait penggajian, sangat mengurangi waktu yang diperlukan untuk menjalankan penggajian di akhir bulan. Sedikit tips, Anda dapat beralih ke aplikasi payroll kapan saja. Namun, beralih di akhir kuartal kalender dapat menghemat pekerjaan tambahan untuk bisnis Anda.

Posting Komentar untuk "Memilih Aplikasi Payroll: Panduan Singkat untuk Bisnis"