Cara Sukses Ujian Sekolah Berbasis Komputer

Sekolah online membuat siswa terbiasa dengan perangkat elektronik. Siswa terbiasa belajar online, mengerjakan tugas online, hingga ujian sekolah pun online. Tidak heran ujian sekolah berbasis komputer merupakan kemajuan dalam pelaksanaan ujian.

Ujian sekolah berbasis komputer memiliki manfaat yaitu memudahkan siswa dalam mengerjakan ujian, mengurangi sampah kertas, meminimalisir kecurangan siswa, dan hasil dari ujian bisa cepat keluar.

Agar ujian sekolah sukses, perlu menekankan beberapa cara berikut ini yang bisa dilakukan oleh orang tua. Sebagai orang tua selalu berharap anaknya sukses dan bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi. Selain itu orang tua juga harus memperhatikan kondisi mental anak, agar terjaga stabil dan tenang menjelang ujian sekolah.

9 Cara Sukses Ujian Sekolah Online Berbasis Komputer

Cara Sukses Ujian Sekolah Online Berbasis Komputer

1. Belajar Bersama Teman

Tipe belajar setiap orang berbeda-beda, ada yang lebih suka sendirian atau bersama teman-temannya. Belajar bersama teman cocok untuk siswa yang suka belajar berkelompok. Cara belajar kelompok yang efektif yaitu secara daring. Lakukan belajar bersama dengan rutin terjadwal sebelum mendekati pekan ujian sekolah.

Gunakan buku digital sekolah untuk sumber belajar dan diskusi. Dengan belajar kelompok bisa mengurangi suntuk, lebih memahami materi dan soal, dan saling tanya jawab materi yang tidak dipahami. Manfaat lainnya adalah kebersamaan.

2. Konsisten Belajar

Tentukan jadwal belajar dari awal, di waktu yang merasa nyaman untuk belajar dan tidak ada gangguan. Kemudian rutinkan di waktu-waktu tersebut dimanfaatkan dan dimaksimalkan untuk belajar. Belajar konsisten lebih baik daripada belajar sekaligus dalam sehari.

Sebagai orang tua sebaiknya mengetahui jadwal anaknya belajar sehingga ketika waktunya belajar untuk dijaga kenyamanan rumah. Misalnya meminta anggota keluarga lainnya untuk tidak mengganggunya. Agar konsentrasi belajar anak terjaga.

3. Hindari Sistem Kebut Semalam

Cara belajar ini sangat tidak direkomendasikan dan harus dihindari. Pertama materi yang dipelajari untuk ujian sekolah itu mencakup kelas satu dan dua. Yang mana tidak bisa dipelajari dalam semalam. Belajar ngebut di malam hari menyebabkan waktu mengerjakan ujian sekolah berbasis komputer akan terganggu. 

Gangguannya bisa mengantuk, parahanya pikiran jadi kosong atau lupa materi yang semalam dipelajari.

4. Sering Mengerjakan Soal

Perbanyak mengerjakan soal agar terlatih menyelesaikan soal dengan format ujian sekolah. Dengan banyak mengerjakan soal akan menjadikan lebih memahami materi yang sudah didapatkan. Juga bisa melihat banyak jenis soal yang berbeda-beda dalam satu materi. Hal ini bisa meningkatkan keyakinan siswa bahwa sanggup untuk menyelesaikan ujian sekolah yang sesungguhnya.

Peran orang tua yaitu dengan menyediakan bank soal yang bermutu. Membantu anaknya untuk mencari bank soal lewat internet atau dalam bentuk sekumpulan buku. Atau memfasilitasi buku digital sekolah untuk mencari materi-materi yang dipelajari anaknya.

5. Pahami Kisi-Kisi Ujian

Banyaknya materi yang harus dipelajari oleh siswa menyebabkan kewalahan materi mana saja yang sekiranya masuk dalam ujian. Tidak mungkin semua materi akan masuk ujian dengan soal yang hanya 40-50 soal. Agar tidak membingungkan biasanya sekolah akan memberikan kisi-kisi materi yang akan diujian sekolahkan.

Kisi-kisi inilah yang perlu dipelajari dengan sebaik-baiknya. Terutama materi dari kelas satu hingga dua yang sedikit banyak sudah terlupa. Dengan pengayaan soal akan menjadikan siswa teringat kembali materinya dan lebih memahami materinya.

6. Berdoa Kepada Tuhan

Jangan lupa untuk selalu berdoa setiap hari untuk dipermudah dalam mengerjakan soal. Berdoa agar di hari ujian sekolah badan dalam keadaan sehat. Dan berdoa sebelum mengerjakan soal.

7. Mohon Doa Restu Orang Tua

Dengan mendapatkan restu dari orang tua untuk memperlancar segala hal yang berkaitan dengan ujian sekolah. Menjadikan hati lebih tenang dan orang tua akan mendukung sepenuh hati .

8. Membiasakan dengan Aplikasi Ujian

Biasanya guru akan melakukan stimulasi dengan aplikasi ujian berbasis komputer. Hal ini agar siswanya terbiasa dan memahami alur mengerjakan ujian melalui aplikasi ujian berbasis komputer. Sehingga siswa tidak kebingungan ketika di hari ujian sekolah.

9. Datang Ujian Awal Waktu

Datang ujian di awal waktu akan memberikan kesempatan siswa untuk bersantai sejenak sebelum soal ujian diserahkan. Datang awal waktu menghindari rasa was-was karena terlambat. Biasanya sekolah akan memberikan jadwal 30 menit kedatangan siswa sebelum ujian berlangsung.

Cara lainnya jaga kesehatan dan makan yang bergizi agar tubuh kuat belajar secara terus menerus. Jaga kewarasan siswa dengan memberikan waktu bersantai sehari dalam sepekan. Jadi ujian sekolah online bisa dikerjakan dengan baik dan sukses.

Posting Komentar untuk "Cara Sukses Ujian Sekolah Berbasis Komputer"