5 Keutamaan dan Manfaat Wakaf

Mengetahui keutamaan wakaf, akan membuat kita semakin semangat untuk melakukan ibadah yang satu ini. Meskipun erat kaitannya dengan anak yatim piatu ataupun dhuafa, nyatanya wakaf tidak sebatas itu saja.

Bahkan, ada sebagian kalangan yang mengatakan jika melalui dana wakaf, kita bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi. Memang ini adalah faktanya, dana yang terkumpul sangat bisa dikelola kembali untuk kemaslahatan banyak orang.

Menurut asal katanya, wakaf adalah kegiatan melepaskan sebagian harta bermanfaat untuk diberikan kepada pihak (individu atau kelompok) yang membutuhkan dan telah dipilih oleh pemberi wakaf.

Apakah teman-teman tahu, jika wakaf ini tidak hanya bernilai kebaikan bagi pemberinya tapi juga pada pihak yang mengelola dan menerimanya juga.

Seperti yang kita ketahui, jika salah satu amalan yang tidak terputus meskipun orangnya sudah meninggal adalah amal jariyah, dan tentu saja termasuk dalam hal ini.

Dengan begitu, meskipun kita sudah tiada, pahala kebaikan akan terus mengalir selama yang kita wakafkan masih dimanfaatkan oleh orang lain. Ini juga termasuk salah satu alasan kenapa harta yang telah diwakafkan tidak boleh diperjualbelikan.

Berikut ini ada beberapa keutamaan serta manfaat wakaf yang bisa teman-teman jadikan sebagai semangat berbuat kebaikan.

Ketahui Keutamaan Wakaf Sebelum Berwakaf

1. Meningkatkan kepekaan rasa sosial terhadap sesama

Dengan memberikan sebagian harta yang dimiliki untuk mereka yang membutuhkan, ini akan mengasah kepekaan hati kita.

2. Membantu meringankan orang yang sedang membutuhkan

Apakah teman-teman tahu, jika berwakaf tidak hanya dengan uang saja? Teman-teman bisa memberikan tanah untuk lahan pendidikan, buku pelajaran untuk yayasan pendidikan kecil dan sebagainya.

3. Menjadi pengingat bahwa harta bukanlah suatu hal yang abadi

Sebagai umat yang beragam, tentu kita faham, jika harta bukanlah hal yang harus dielu-elukan di dunia. Karena dalam harta ataupun rejeki yang kita miliki, ada hak orang lain juga dalam harta tersebut.

4. Menjadi penyelamat kehidupan di akhirat

Seperti yang kita tahu, wakaf adalah salah satu kebaikan yang sangat terpuji. Perlu teman-teman ketahui, jika dengan berwakaf di dunia kita juga telah menyelamatkan kehidupan kita akhirat kelak.

5. Pahala yang terus mengalir meskipun telah meninggal

Seperti semua kebaikan lainnya, berwakaf juga akan mendapatkan balasan Surga. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam Surat Al-Imron ayat 133 - 134.

Tidak hanya itu, tapi apakah teman-teman juga tahu, jika Nabi dan para sahatatnya juga telah berwakaf sejak dulu kala. Harta yang wakafkan juga tidak sedikit, seperti tujuh kebun kurma hingga tanah di wilayah Mekkah.

Kini Berwakaf Lebih Mudah dengan Jadiberkah.id

Kini Berwakaf Lebih Mudah dengan Jadiberkah.id

Untuk teman-teman yang belum tahu, jadiberkah.id adalah salah satu platform wakaf dan infak secara online yang bisa diakses kapanpun dengan mudah dan cepat.

Jangan khawatir, karena jadiberkah.id ini berada di bawah pengelolaan Bank Syariah Indonesia.

Pada situs ini, teman-teman akan melihat secara langsung berapa jumlah dana infak dan wakaf yang sudah terkumpul, lembaga yang bekerja sama dan juga banyak donatur yang telah tergabung.

Ada tiga pilihan wakaf prioritas yang bisa teman-teman pilih, mulai dari pemberian bantuan sosial, pembangunan rumah tahfidz dan juga bantuan modal untuk kestabilan perekonomian.

Selain itu, karena terdapat banyak pilihan wakaf, teman-teman bisa sangat leluasa untuk menentukan akan berwakaf di mana saja. Apakah untuk masjid tertentu atau yang lainnya.

Melalui jadiberkah.id in, diharapkan akan semakin banyak donatur yang turut mewakafkan sebagian hartanya bagi sebagian saudara seiman yang kurang beruntung, baik dari segi finansial maupun pendidikan. Bukankah ini juga keutamaan wakaf yang bisa dirasakan juga?

Selain itu, ada transparansi jumlah dana yang telah terkumpul, sedikit banyak juga akan memberikan rasa percaya bagi para donatur.

Jika kebetulan teman-teman juga ingin merasakan manfaat dari keutamaan wakaf ini dan kebetulan tidak tahu harus menyerahkan harta ke mana, silakan untuk menghubungi pihak jadiberkah.id. Nanti teman-teman akan melewati beberapa tahap pendaftaran akun terlebih dahulu.

Setelah mengetahui keutamaan wakaf dan cara berwakaf yang mudah, apakah tidak ingin menyegerakan wakaf? Yuk, kita mulai berwakaf sekarang!

Posting Komentar untuk "5 Keutamaan dan Manfaat Wakaf"