Cara Mengatasi Perut Buncit Secara Alami

Perut buncit memang sangat mengganggu penampilan. Akan tetapi, pernahkah kalian menyadari bahwa perut buncit merupakan masalah kesehatan yang tidak boleh dibiarkan? Hal itu lantaran bisa mendatangkan berbagai penyakit berbahaya, seperti jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan lainnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? sebelum membahas cara mengatasi perut buncit, ketahui terlebih dahulu apa penyebab perut rasanya besar berikut ini.

Penyebab dan Akibat dari Perut Buncit

Penyebab dan Akibat dari Perut Buncit

1. Pola Makan yang Tidak Dikendalikan

Faktor utama yang menjadi penyebab kenapa perut buncit, salah satunya pola makan yang tidak dapat dikendalikan, seperti mengonsumsi makanan berlemak tinggi, makanan manis, tinggi kalori, dan nutrisi rendah.

Hal tersebut justru mendatangkan berat badan berlebih disebabkan penumpukan lemak yang juga memperlambat metabolisme. Lemak trans yang menumpuk dalam perut bisa mengakibatkan peradangan, bahkan obesitas dan perut buncit.

2. Konsumsi Minuman Beralkohol Tinggi

Minuman bersoda dan beralkohol tinggi menghasilkan gas berlebih pada perut sehingga mengakibatkan perut buncit dan keras. Selain itu, kadar gula yang terkandung sangat tinggi menyebabkan kenaikan berat badan. Dengan begitu, lemak akan menumpuk di beberapa bagian tubuh, terutama perut yang akan membuncit.

3. Metabolisme yang Lemah

Umumnya, metabolisme yang dimiliki setiap orang tentu berbeda sebab terdapat berbagai faktor, diantaranya gaya hidup, genetik, dan usia.

Sistem pembakaran kalori akan kurang maksimal apabila seseorang memiliki metabolisme yang lambat. Hal itu menyebabkan mudahnya mengalami obesitas dan perut yang membuncit.

4. Depresi dan Stres

Depresi dan stres dapat memicu penumpukan lemak dalam perut. Keadaan seperti ini mengakibatkan tubuh melepaskan hormon kortisol yang berpengaruh pada proses metabolisme. 

Tingginya kadar kortisol mengarah ke jaringan lemak di perut, meningkatkan keinginan untuk mengkonsumsi makanan berkalori tinggi.

5. Faktor Genetik

Beberapa penelitian membuktikan, gen cukup berpengaruh dalam penentuan gemuk atau kurusnya tubuh seseorang. Selain itu, ilmuwan mengatakan bahwa gen juga menjadi penentu mengenai perilaku, risiko penyakit kronis, dan metabolisme tubuh.

Cara Mengatasi Perut Buncit Secara Alami

1. Rutin Berolahraga

Salah satu cara agar perut tidak buncit yang cukup efektif, yaitu rutin berolahraga. Olahraga bisa membantu penurunan berat badan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC menyarankan usia dewasa untuk berolahraga minimal 150 menit per pekan.

Adapun jenis olahraga yang direkomendasikan, salah satunya aerobik yang dinilai efektif untuk menurunkan lemak dalam perut dan mengecilkan perut buncit. Kemudian, angkat beban juga berpengaruh terhadap peningkatan massa otot dan mempercepat metabolisme, serta penurunan lemak dalam perut.

2. Defisit Kalori

Tubuh memang memerlukan kalori sebagai energi. Akan tetapi, kalori yang berlebih bisa mengakibatkan naiknya berat badan. Hal itu disebabkan kalori tersimpan di dalam tubuh sebagai jaringan lemak untuk persediaan energi.

Dengan melakukan defisit kalori, tubuh akan memisahkan lemak yang tersimpan untuk energi. Lemak di perut pun berkurang ketika keseluruhan kalori menurun.

Defisit kalori diiringi pula dengan mengonsumsi makanan sehat yang berfungsi dalam meningkatkan metabolisme dan aktivitas fisik.

3. Rutin Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah mengandung nutrisi dan serat melimpah. Pengkonsumsian serat yang tinggi dapat menjadi salah satu cara mengurangi lemak berlebih dalam perut.

Anda akan merasakan kenyang yang bertahan lama ketika mengonsumsi makanan berserat. Hal itu disebabkan serat menahan makanan lebih lama di saluran pencernaan.

4. Pola Tidur Tidak Teratur

Terdapat penelitian yang mengemukakan bahwa seseorang dengan pola tidur yang kurang di malam hari bisa memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan berkalori tinggi.

Pola tidur yang tidak teratur biasanya datang di usia menjelang dewasa. Maka dari itu, disarankan untuk tidur yang cukup sekitar 7–8 jam per hari bagi usia dewasa.

5. Konsumsi Protein Lebih

Konsumsi protein bisa meningkatkan hormon pembuat rasa kenyang. Perut akan tidak mudah merasakan lapar dalam jangka yang lama. Akan tetapi, pilihlah protein dengan kandungan lemak yang rendah, diantaranya ayam tanpa kulit, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Selain cara di atas, hal terpenting lainnya, yaitu meminta dukungan orang terdekat dalam menciptakan lingkungan suportif untuk penurunan berat badan Anda. Dengan begitu, Anda akan bersemangat melakukan upaya menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Perut Buncit Secara Alami"