Cara Perawatan dan Pembersihan Keramik Dinding yang Efektif

Keramik dinding menjadi salah satu bahan konstruksi yang paling umum digunakan dalam konstruksi sebuah bangunan termasuk rumah hunian.

Sebab keramik dinding ini tidak hanya memberikan tampilan estetis yang indah, tetapi juga tahan lama dan mudah dijaga.

Namun, agar keramik dinding tetap bersih dan indah, perawatan dan pembersihannya perlu dilakukan secara rutin. Mari simak caranya pada artikel berikut!

4 Cara Merawat Keramik Dinding Di Rumah

Cara Perawatan dan Pembersihan Keramik Dinding yang Efektif

Umumnya, rumah akan terlihat lebih indah saat berbagai elemen penunjangnya dirawat dengan baik, termasuk keramik dinding.

Biasanya produk ini digunakan sebagai keramik dinding depan rumah, dapur atau bahkan kamar mandi. Namun dimanapun tempat penggunaannya, semuanya memiliki cara perawatan yang hampir serupa, diantaranya adalah:

1. Hindari Goresan

Salah satu cara merawat agar keramik dinding teras depan rumah terbaru misalnya tampak bersinar dalam waktu lama maka hindari menggunakan benda tajam atau abrasif saat membersihkannya.

Selain itu, hindari untuk menjatuhkan barang berat atau keras yang dapat merusak keramik dinding. Lakukan tindakan pencegahan seperti menggunakan pelindung sudut untuk melindungi keramik di sudut dinding yang rentan terhadap benturan.

2. Perawatan Khusus Grout Jika Diperlukan

Selain itu, keramik dinding dapur sederhana juga seringkali mengalami celah dan mudah terisi oleh kotoran di sekelilingnya. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan khusus untuk grout.

Grout sendiri merupakan bahan yang mengisi celah antara ubin keramik, dan seringkali lebih rentan terhadap kotoran dan noda.

Oleh karena itu untuk membersihkannya dengan sederhana kamu dapat menggunakan campuran air dan baking soda, atau bahkan cairan pembersih grout khusus.

Pastikan juga untuk menggosok grout dengan sikat gigi bekas atau sikat khusus untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Sebab kotoran yang terselip di dalamnya biasanya akan lebih sulit untuk dihilangkan terutama jika sudah terlalu lama dibiarkan.

3. Gunakan Jenis Pembersih yang Tepat

Ketika keramik dinding Anda memerlukan pembersihan lebih lanjut, pastikan untuk menggunakan pembersih yang sesuai.

Biasanya keramik dinding ruang tamu dilapisi dengan glazur untuk lebih berkilau dan indah.

Oleh karena itu, saat membersihkannya cukup dengan deterjen ringan serta air lalu gosok permukaannya menggunakan sikat atau kain lembut.

Hindari bahan pembersih yang mengandung asam kuat atau abrasif, yang dapat merusak glazur.

4. Pastikan untuk Membersihkan Secara Rutin

Jenis apapun itu, baik keramik dinding kamar tidur maupun ruangan lain, cara merawat yang paling dasar seperti membersihkannya secara rutin tentu harus menjadi hal utama.

Gunakan sapu lembut atau kain bersih untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan keramik. Selain itu, bisa dengan menggunakan kain basah lembut yang telah diberi cairan pembersih.

Dengan melakukan ini secara teratur, Anda dapat mencegah kotoran menumpuk dan merusak tampilan keramik.

Cari Keramik Berkualitas Tinggi? UKUR Jawabannya!

Jika Anda sedang mencari berbagai kebutuhan konstruksi berkualitas khususnya keramik dinding untuk hunian, maka berbagai jenis dan model di marketplace UKUR bisa segera dipilih.

Ada banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan belanja produk keramik di marketplace UKUR ini, mulai dari pilihan produk lengkap dan terpercaya, serta menawarkan berbagai metode pembayaran yang aman.

Semua merchant di UKUR juga telah terverifikasi sehingga aman untuk melakukan transaksi berbagai kebutuhan konstruksi Anda.

Jadi, pastikan cari segala kebutuhan konstruksi rumah Anda dengan praktis, mudah dan variatif hanya di UKUR!

Posting Komentar untuk "Cara Perawatan dan Pembersihan Keramik Dinding yang Efektif"