5 Universitas Negeri di Jogja yang Murah

Yogyakarta yang dikenal sebagai Kota Pelajar tentu menjadi tujuan banyak orang untuk menimba ilmu. Selain kotanya yang nyaman ditinggali, banyaknya perguruan tinggi dan kampus terbaik di Jogja turut menjadi godaan bagi para calon mahasiswa.

Kampus negeri di Jogja banyak mencetak lulusan terbaik yang kini menjadi sukses. Namun, seringkali biaya kuliah menjadi hambatan bagi calon mahasiswa kuliah. Maka dari itu, pemerintah memberi keringanan biaya kuliah bagi masyarakat.

Cukup banyak kampus negeri di Jogja yang tersedia dan menawarkan biaya kuliah yang murah. Artikel ini akan menunjukkan 5 universitas negeri di Jogja terbaik dengan biaya murah. Mari simak artikel ini hingga selesai!

5 Universitas Negeri di Jogja yang Murah

Universitas Negeri di Jogja yang Murah

Jogja setiap tahunnya menerima mahasiswa dari Jogja maupun luar kota dan pulau yang datang ke Jogja dan pulang ketika liburan dengan berbagai transportasi. Untuk memudahkan pembelian tiket pesawat Yogyakarta-Jakarta dan rute lainnya, Traveloka hadir untuk semua mahasiswa yang membutuhkan.

Universitas negeri di Jogja yang statusnya merupakan tanggungan pemerintah biasanya menerapkan sistem uang kuliah tunggal (UKT) yang sangat terjangkau untuk biaya kuliahnya.

Sistem UKT bahkan bisa memberikan calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu beasiswa pendidikan yang 100% tidak membayar biaya kuliah. Nah, inilah 5 universitas negeri di Jogja yang murah dengan akreditasi tinggi.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Siapa yang tak kenal dengan universitas yang satu ini. Universitas Gadjah Mada (UGM) yang berdiri sejak tahun 1949 ini menjadi salah satu kampus terbaik di jogja bahkan nasional selama bertahun-tahun.

UGM memiliki 18 fakultas termasuk sekolah vokasi ditambah dengan sekolah pascasarjana untuk jenjang S2, S3, dan Spesialis. Kampus ini berdiri di atas tanah Sultan di Bulaksumur, Sleman, Yogyakarta.

Biaya pendidikan atau UKT di UGM berbeda di setiap fakultas, namun secara umum UKT dikelompokkan dari I sampai VII dengan kisaran biaya Rp500.000 sampai Rp 25 juta.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berdiri pada tanggal 14 Agustus 1999 yang awalnya dikenal dengan nama IKIP Yogyakarta. UNY memiliki 7 Fakultas dan juga membuka Program Pascasarjana. Alamat UNY Jogja terletak di Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Caturtunggal, Depok, Sleman.

UNY adalah universitas negeri di Jogja yang murah dengan UKT sangat terjangkau. Namun kelompok UKT dibedakan berdasarkan fakultas. Berikut adalah rinciannya:

Kelompok A. Prodi Pendidikan, Bahasa/Sastra, Sosial dan Ekonomi UKT kategori I adalah Rp 500.000 dan kategori VII sebesar Rp 4,9 juta.

Kelompok B. Prodi MIPA, Olahraga, Seni, Geografi, dan PGSD. UKT kategori I Rp 500.000 dan kategori VII Rp 5,6 juta.

Kelompok C. Prodi Teknik dengan UKT kategori I Rp 500.000 dan kategori VIII mencapai Rp 6,3 juta.
Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta

UPN Yogyakarta memiliki 5 Fakultas seperti Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknologi Mineral, dan Fakultas Teknologi Industri. dan juga Program Pascasarjana. Kampus negeri di Jogja ini tergolong memiliki biaya murah dengan UKT golongan I sebesar Rp 500.000 dan golongan VII adalah Rp 10,76 juta.

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga

UIN Sunan Kalijaga adalah universitas negeri Islam pertama di Indonesia. Kampus yang terdiri dari 8 Fakultas ini mengambil Nama Sunan Kalijaga yang merupakan salah satu tokoh Walisongo yang menyebarkan Agama Islam pertama di Jawa.

Mengikuti keputusan pemerintah, UIN Sunan Kalijaga menerapkan Uang Kuliah Tungga yang memiliki rentang Rp 0 sampai Rp 9 juta untuk semua program studi di luar Kedokteran.

Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Jika Anda tertarik mempelajari seni, Yogyakarta memiliki Institut Seni Indonesia (ISI) yang juga merupakan universitas negeri di Jogja yang murah. Berdiri sejak 1984 dan memiliki 3 fakultas serta Pascasarjana, ISI menerapkan UKT dengan kisaran biaya Rp 2 juta hingga Rp 12 juta.

Informasi seputar proses pendaftaran universitas negeri Jogja dan kepastian biaya UKT dapat Anda cari melalui platform media sosial atau website resmi kampus yang bersangkutan.

Jangan khawatir dengan biaya transport pulang-pergi Yogyakarta karena Traveloka hadir dengan berbagai penawaran spesial untuk tiket pesawat Yogyakarta-Jakarta maupun rute lainnya. Si Traveloka juga tersedia tiket moda transportasi umum yang lain sebagai alternatif pilihan.

Posting Komentar untuk "5 Universitas Negeri di Jogja yang Murah"