Copot Gigi Sendiri, Apakah Aman?

Cara mencabut gigi sendiri mungkin bisa menjadi salah satu alternatif ketika Anda sedang merasakan gigi yang hampir lepas. Gigi yang sudah goyang kadang dimainkan hingga benar-benar bisa dicabut. Namun ternyata, cara seperti ini tidak boleh dilakukan secara sembarang karena dapat mendatangkan masalah kesehatan tersendiri.

Orang dewasa rata-rata memiliki sekitar 12 gigi geraham, 6 buah pada bagian atas dan sisanya di rahang bawah. Fungsi dari gigi tersebut adalah untuk mengunyah dan menghaluskan makanan sebelum menelannya. Adapun masalah pada gigi yang sering terjadi, kadang mengharuskannya untuk dicabut di klinik gigi agar tidak ada kendala saat mengunyah makanan.

Copot Gigi Sendiri di Rumah

Copot Gigi Sendiri di Rumah

Berbeda halnya dengan gigi susu pada anak-anak yang boleh saja dicabut sendiri ketika sudah benar-benar hampir lepas, gigi dewasa ataupun gigi permanen ternyata tidak boleh dicabut sendiri dengan alasan apapun. Cabut gigi permanen sudah bisa dipastikan akan mendatangkan risiko kesehatan yang jauh lebih besar sehingga perlu Anda pahami disini.

Untuk gigi dewasa cenderung lebih kokoh dan terdapat akar dalam pada bagian rahang, dikelilingi oleh saraf, gusi serta pembuluh darah. Apabila dipaksa untuk mencabutnya sendiri di rumah, maka sudah bisa dipastikan akan mengalami kerusakan secara permanen pada gigi atau sebagian gigi yang masih tertinggal di dalam gusi.

Tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan baru seperti halnya infeksi, gigi berlubang hingga kelumpuhan pada saraf wajah. Gigi orang dewasa sebaiknya dipertahankan seumur hidup, sebab jikalau gigi copot, maka sudah tidak bisa digantikan dengan jenis gigi yang lainnya.

Gigi permanen inipun akan segera hilang hanya dapat digantikan oleh gigi palsu saja. Lalu, gigi harus dicabut ketika sedang mengalami kondisi kesehatan seperti dibawah ini:
  • Terjadi kerusakan gigi yang sudah parah
  • Ada infeksi pada gigi
  • Impaksi gigi bungsu
  • Kerusakan gigi yang sudah tidak bisa diperbaiki
  • Susunan gigi bertumpuk sehingga mesti dicabut guna kepentingan penggunaan kawat gigi
  • Hyperdontia ataupun gigi tumbuh yang cenderung lebih banyak daripada umumnya.
Jikalau kondisi di atas terjadi, And disarankan untuk segera datang ke dokter gigi di klinik gigi supaya bisa mendapatkan perawatan yang lebih tepat untuk gigi yang rusak.

Amankah Gigi Dicabut Sendiri?

Sudah dijelaskan sebelumnya, cara mencabut gigi berlubang sendiri memang sudah menjadi tugas dari dokter gigi. Yang artinya adalah cara mencabut gigi secara alami atau sendiri menggunakan alat seadanya tindakan yang semestinya dilakukan.

Cara mencabut gigi sendiri tentu sangat berbahaya sekali, terlebih lebih saat kebersihan dari alat mencabut gigi di rumah yang belum bisa terjamin sehingga dapat pula meningkatkan risiko terjadi infeksi.

Di sisi lainnya, cara tersebut bisa pula merusak gigi yang ada di sekitar gigi berlubang serta menimbulkan rasa sakit yang sangat mengganggu, bahkan perdarahan yang tidak bisa dihindarkan.

Pad sekitar gigi juga terdapat saraf serta pembuluh darah yang mana jika terjadi luka, maka dapat menyebabkan gangguan saraf pada bagian wajah. Apabila gigi sudah sangat goyang, cara mencabut gigi hanya butuh tarikan sedikit saja sehingga bisa terlepas dengan sendirinya.

Cara ini sebenarnya tidak akan menimbulkan masalah kesehatan. Akan tetapi, tetap dianjurkan agar melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke klinik gigi terdekat. Ditambah lagi, ketika terjadi rasa nyeri yang begitu mengganggu disebabkan adanya masalah pembekuan darah, maka dapat segera periksa ke klinik dokter gigi secepatnya.

Posting Komentar untuk "Copot Gigi Sendiri, Apakah Aman?"