4 Gejala Gangguan Saraf Sering Disepelekan

Rasanya setiap orang pasti pernah mengalami tangan kebas, dan mayoritas akan membiarkannya sembuh sendiri, serta tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang serius.

Jadi sangat wajar ketika ada tanda-tanda gangguan saraf mulai terasa, namun diabaikan karena merasa kesehatan tubuh mereka baik-baik saja. Apalagi mengingat gelaja neuropati misalnya kram dan kesemutan itu penyakit yang sangat umum di tengah masyarakat.

Terjadinya kerusakan di bagian sistem saraf tepi, akan menyebabkan beberapa bagian tubuh terasa kesemutan, setelah itu terasa kebas dan jika tak Anda tangani dengan benar maka bisa mati rasa.

Jangan sepelekan penyakit saraf, sebab jika gejalanya diabaikan dan tanda-tandanya tidak diperhatikan, maka bisa jadi gangguan saraf yang serius sedang mengintai Anda.

Ketahui Gejala Gangguan Saraf Selain Tangan Kebas

Gejala Gangguan Saraf

Selain tangan kebas, masih banyak lagi gejala neuropati yang bisa saja Anda alami namun diabaikan. Di bawah ini adalah beberapa gejala lainnya dan jika ada gejala di bawah yang terasa cukup sering, baiknya Anda segera menemui dokter supaya gangguan saraf ini tidak akan berdampak serius.

Perhatikan apakah gejala ini pernah atau sedang Anda rasakan?

1. Terasa pegal di bagian tangan dan kaki

Gejala pertama yang sering diabaikan adalah merasa pegal di bagian kaki dan lengan, diabaikan karena memang sesuatu yang biasa apalagi jika terlalu banyak bekerja dengan beban berat.

Namun ternyata menurut data yang didapatkan dari lembaga terkait, rasa pegal ini ternyata adalah gejala neuropati dengan prevalensi kemunculannya itu sangat tinggi, bahkan tertinggi dengan angka 66%. Jadi bisa dipastikan mayoritas kasus pegal-pegal itu adalah gejala neuropati.

2. Mengalami kesemutan

Anda pasti pernah mengalami kesemutan, yakni sebuah sensasi mati rasa atau kebas yang biasa dirasakan pada bagian kaki dan tangan Anda. Kejadian yang satu ini bisa Anda rasakan saat saraf tidak sengaja ditekan cukup lama, sehingga aliran darahnya tersumbat dan menyebabkan rasa kebas itu.

Bila Anda merasakan hal ini sesekali saja, masih wajar dan tak perlu dikhawatirkan. Namun jika intensitasnya makin tinggi dan bahkan diikuti dengan rasa panas atau sakit, itu adalah tanda bahwa Anda harus segera menghubungi dokter saraf.

3. Sering mengalami kram

Anda juga pasti pernah mengalami kram otot bukan? Biasanya terasa pada otot betis, apalagi jika Anda baru selesai olahraga atau baru bangun tidur sekalipun. Biasanya kram akan terasa dengan ciri-ciri otot yang langsung menegang dan sekaligus menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Untuk orang dengan gangguan saraf pada tubuhnya, kedutan akan menyertai sakit kram tersebut.

Jadi kram ini secara umum menjadi gejala neuropati perifer, yakni sebuah gangguan yang dampaknya langsung pada berbagai anggota gerak Anda. Contohnya jari, kaki, tangan, tungkai dan lainnya.

4. Bagian tangan dan kaki yang terasa ditusuk-tusuk

Apabila merasakan sensasi seperti ditusuk-tusuk pada bagian kaki maupun tangan, apalagi bagi Anda yang menderita diabetes, maka itu adalah gejala gangguan saraf dengan jenis carpal tunnel syndrome, tapi bisa juga multiple sclerosis, bahkan neuropati perifer juga bisa. Oleh sebab itu, jika gejalanya makin sering terasa, baiknya hubungi dokter sebelum terlambat.

Ketika Anda mengalami semua gejala tersebut dan membuat aktitivas harian Anda terganggu, maka konsultasi ke dokter adalah pilihan terbaik. Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B, supaya bisa mengembalikan kesehatan sistem saraf Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin Neurotropik seperti Neurobion. Adapun produk suplemen multivitamin yang satu ini diketahui mengandung berbagai macam vitamin yang tubuh Anda perlukan, terutama untuk mengatasi tangan kebas dan gangguan kesehatan tubuh lainnya. Yaitu vitamin B6, B1, juga B12 ada dalam suplemen makanan yang satu ini.

Bukan hanya mampu menjaga kesehatan saraf saja, dengan adanya vitamin B tersebut manfaatnya untuk membantu tubuh Anda supaya bisa menyerap energi yang berasal dari makanan dengan baik, juga membantu Anda dalam menghasilkan sel darah merah sehingga Anda bisa beraktivitas dengan nyaman dan dalam kondisi fit. 

Demikian artikel mengenai gejala gangguan saraf ini, semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "4 Gejala Gangguan Saraf Sering Disepelekan"