Cara Memilih Kabel Instalasi Listrik Rumah yang Sesuai Kebutuhan

Kabel instalasi listrik adalah salah satu hal yang sangat penting, sehingga tidak boleh sembarangan saat membeli kabel. Sebagai informasi, kabel memiliki fungsi untuk menghantarkan listrik dari satu sumber, ke komponen yang membutuhkan listrik. Kabel menjadi satu-satunya komponen untuk menghantarkan listrik dengan aman, sehingga keberadaannya saat memasang listrik di rumah sangat penting.

Kabel listrik hadir dengan macam-macam ukuran dan fungsi yang berbeda pula, serta tidak sembarangan untuk memilihnya. Kemudian saat Anda sudah bisa menentukan kabel apa yang paling tepat untuk digunakan, maka Anda bisa dikatakan menghemat pemakaian listrik juga.

Saran Memilih Kabel untuk Pemasangan Instalasi Listrik

Saran Memilih Kabel untuk Pemasangan Instalasi Listrik

Untuk Anda yang ingin memilih kabel saat pemasangan instalasi listrik, perhatikan hal di bawah ini. Sebab berpengaruh untuk penggunaan daya listrik di rumah, serta keamanan keluarga Anda di masa yang akan datang.

Sesuaikan Ukuran Kabel

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kapasitas kWh di rumah, setelah itu kita bisa tahu besarnya kabel yang dibutuhkan. PLN menyediakan kapasitas untuk konsumen rumah tangga yang menggunakan tegangan 220Vac adalah berikut:
  • 450 VA = 2A
  • 900 VA = 4A
  • 1300 VA = 6A
  • 2200 VA = 10A
Memang masih banyak pilihan kapasitas yang PLN sediakan, namun yang disebutkan adalah yang mayoritas digunakan masyarakat dalam negeri. Namun perlu diperhatikan, bahwa semakin besar kabelnya maka semakin besar amperenya juga (untuk tegangan 220V dan 380V).

Tentukan Kabel Berdasarkan Kapasitas VA

Cek dulu kapasitas VA pada meteran listrik Anda, caranya dijelaskan berikut ini:

Kapasitas 450 VA

Jika di rumah kapasitas kWh meternya adalah 2 ampere atau 450 VA, gunakan kabel ukuran 1.5mm.

Kapasitas 900 VA

Anda bisa gunakan kabel 1.5mm, sebab maksimalnya adalah 17 ampere sehingga masih bisa dihandle.

Kapasitas 1300 VA

Anda bisa pakai kabel 1.5mm, masih aman dan cukup karena 1300 VA yang setara dengan 6 ampere. Anda bisa naikkan ke 2.5mm jika ingin kabelnya lebih awet saat digunakan.

Kapasitas 2200 VA

Disarankan untuk memakai kabel 2.5mm saja, supaya kabel tidak terlalu panas ketika Anda gunakan sehari-hari.

Jenis-Jenis Kabel Instalasi Listrik

Kabel instalasi listrik memiliki tujuan yang sama, tak lain untuk menghantarkan arus listrik. Hanya saja jenisnya bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan rumah Anda. Simak jenis-jenis kabel instalasi listrik berikut:

Kabel Tipe NYA

Kabel berisi tunggal, banyak digunakan dalam pemasangan instalasi listrik rumah tangga. Mayoritas diameter 1,5 mm dan 2,5 mm dengan isolator PVC yang digunakan. Supaya bisa dibedakan antara arcade, netral dan fasa, maka isolatornya diberi warna, yaitu warna kuning, hitam, kuning dengan strip hijau dan merah.

Kabel Tipe NYM

Jenis kabel dengan inti di dalamnya lebih dari satu, di dalamnya ada beberapa kabel NYA yang disatukan, kemudian dibugkus menggunakan solasi putih dan juga selubung karet. Anda bisa gunakan kabel ini untuk memasang listrik di rumah-rumah atau gedung.

Kabel Tipe NYAF

Kabel yang stau ini memiliki inti berserabut dan terbuat dari tembaga. Dilapisi dengan mengunakan isolasi PVC, dan sangat fleksibel. Cocok untuk dipasang di jalur yang banyak kelokan atau sudut. Tetapi pastikan menggunakannya dengan perlindungan pipa, sebab isolasi di dalamnya isolasi tunggal yang tak cocok dipakai di area basah dan lembap.

Namun jika Anda merasa kurang paham dan khawatir malah menimbulkan kesalahan yang bisa menyebabkan masalah ke depannya, lebih baik mempercayakan instalasi listrik Anda kepada ahlinya. 

Salah satu rekomendasi terbaik adalah Dwi Electical Tunggal, sebuah perusahaan yang berpengalaman dan profesional di bidang konstruksi mekanikal elektrikal, atau sistem instalasi listrik.

Berdiri sejak tahun 2007 silam, dan berpengalaman mengerjakan proyek mekanikal elektrikal untuk berbagai proyek besar. Misalnya untuk kebutuhan mall, hotel, rumah sakit, gedung perkantoran dan juga untuk hunian pribadi. 

Anda bisa percayakan instalasi listrik, pemasangan panel listrik, plumbing, fire protection pada perusahaan kenamaan yang satu ini. Untuk yang mencari informasi lengkapnya, Anda bisa mengunjungi situs resmi atau menghubungi kontak yang tersedia.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Kabel Instalasi Listrik Rumah yang Sesuai Kebutuhan"