5 Cara dan Manfaat IoT untuk Kehidupan Sehari-Hari

Kemajuan teknologi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Teknologi perlengkapan rumah yang sangat memudahkan hingga pekerjaan. Bekerja tidak harus pergi ke kantor, bisa dilakukan dimanapun asalkan terhubung dengan internet. Salah satu sistem internet yang sedang berkembang adalah IOT (Internet of Things ).

Apa itu IOT dan contohnya akan dijelaskan dalam artikel ini. Dari apa itu Internet of Things, cara kerja, dan manfaatnya dalam sehari-hari.

Apa itu IOT dan Contohnya untuk Sehari-hari

Untuk memahami apa itu IOT dan contohnya perlu mengetahui IOT terlebih dahulu dan unsur pembentukannya.

Apa itu Internet Of Things

Internet of Things atau IOT adalah seperangkat sistem yang terhubung dengan internet untuk mentransmisikan sebuah objek ke dalam data digital yang akan disimpan dan dianalisis tanpa bantuan manusia. Fungsi manusia hanya mengawasi sistem kerja dari IOT.

Unsur untuk membentuk sebuah IOT antara lain :
  • Kecerdasan buatan manusia atau Artificial Intelligence
  • Konektifitas yang membutuhkan jaringan seperti infrared, LoRaWAN, internet, bluethoot.
  • Data, data yang dibutuhkan adalah big data dan data objek yang akan dianalisis.
  • Sensor, fungsinya untuk mendeteksi objek agar terambil datanya.
  • Perangkat/device, untuk mengolah data.
  • Aktif, keaktifan antara device dengan server maupun sebaliknya.

Cara Kerja dari Internet of Things

Bagaimana cara kerja dari Internet of Things? Cara kerjanya yaitu dengan argumentasi pemrograman atau algoritma yang jika diberi perintah akan memberikan interaksi ke device pengelola data. Interaksi ini tanpa manusia. Jadi perubahan dari device karena adanya perintah sudah otomatis.

Contoh sehari-hari adalah remote AC yang bisa mengubah suhu udara hanya dengan menekan AC-nya saja. Perubahan dari angkat di remote ke suhu AC itulah tanpa campur tangan manusia.

Manfaat IOT untuk sehari-hari sudah dirasakan oleh masyarakat di era society 5.0 sekarang ini. Sejak pandemi internet dan teknologi menemani hidupnya sehari-hari.

5 Contoh Manfaat untuk Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Manfaat untuk Kehidupan Sehari-Hari

1. Bidang Medis

Dalam dunia kesehatan, IOT bermanfaat untuk menganalisis rekaman kesehatan orang. Orang tidak perlu ke rumah sakit atau dokter untuk mengecek tensi, detak jantung, kolesterol, diabetes. Hanya dilakukan di rumah dengan teknologi maka hasilnya bisa dianalisis.

Di masa depan android bisa membantu menjaga kesehatan manula atau orang pada umumnya. Jika terjadi sakit mendadak, dengan IOT akan terdata kondisi harian orang tersebut. Bisa terhubung langsung dengan dokter yang menanganinya. Jadi tidak perlu menunggu sakit parah untuk periksa kesehatan.

2. Bidang Pertanian

Penggarapan pertanian tidak lagi secara konvensional. Untuk pengecekan unsur hara atau kesuburan tanah bisa dilakukan dengan teknologi. Jadi sebelum menanam sudah diketahui tingkat kesuburannya.

Untuk lahan yang tidak subur bisa dilakukan penyuburan sebelum ditanam. Adanya IOT membantu pengecekan dalam kurun waktu tertentu. Sehingga hasil panen lebih melimpah dan berkualitas.

Yang terbaru adalah bertani secara hidroponik yang memanfaatkan IOT untuk menumbuhkan banyak sayuran. Fungsinya untuk menyebarkan nutrisi tanaman, mengecek kebersihan air, suhu air, dan lainnya.

3. Bidang Bisnis Online

IOT dalam bidang keuangan berkembang pesat. Dari mudahnya pembayaran lewat mobile banking hingga proses pesan barang lewat internet. Tidak perlu lagi pesan barang via SMS atau telpon. Hanya dengan satu aplikasi bisa mengecek stok barang, pesan, bayar, dan pengecekan apakah barang sudah dikirim atau belum.

IOT memudahkan pembeli dan penjual online. Sehingga lebih menghemat waktu untuk melakukan transaksi barang.

4. Bidang Keuangan

Salah satu manfaat IOT yang dirasakan oleh masyarakat adalah adanya e-wallet. Ada yang menggunakan nomor handphone sebagai no rekeningnya. Ada juga yang seperti bank konvensional versi digital.

Orang untuk memiliki rekening bank tidak harus ke teller. Banyak aplikasi yang terdaftar resmi dalam keuangan yang memberikan layanan bank dalam bentuk online. Isi saldo, kirim uang, bayar tagihan dan belanja hanya lewat internet. Juga ada rekapan riwayat transaksinya yang bisa dilihat sendiri tanpa perlu mencetak rekening koran.

5. Transportasi & Logistik

Dalam bidang transportasi terdapat perkembangan dari sensor terhadap kecelakaan yang bisa mematikan mesin kendaraan hingga tanpa harus mengemudikan kemudi. Sudah banyak pengembang teknologi yang menghasilkan mobil-mobil berteknologi tinggi.

Transportasi juga berurusan dengan logistik. Perlogistikan juga bisa dipantau dengan IOT untuk pengecekan barang, pengiriman barang, dan persediaan barang. Semua bisa dibantu dengan internet sehingga mempersingkat waktu dan tenaga.

Alasan IOT Penting untuk Kehidupan

Pentingnya IOT dalam kehidupan sehari-hari yaitu efektifitas waktu, hemat energi, data lebih valid, analisis akurat, dan informasi bisa menyebar dengan cepat.

Banyak proses yang dipangkas, misalnya tidak perlu antre membuat buku rekening. Mengirim uang tidak harus keluar ruangan untuk ke ATM, karena bisa dilakukan lewat android.Sehingga banyak orang yang merasa diuntungkan dengan adanya IOT ini.

Meski begitu untuk mengembangkan IOT membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun, tidak bisa diatasi dengan menggunakan Telkom. Telkom dengan Antares IOT Platform membantu untuk pembuatan IOT. Mulai dari memberikan solusi terhadap data pengguna dengan sistem end to end IOT. Jaringan yang disediakan bisa dengan LoRaWAN. 

Telkom menyediakan device/perangkat, manufacture dan kebutuhan IOT. Itulah penjelasan tentang apa itu IOT dan contohnya.

Posting Komentar untuk "5 Cara dan Manfaat IoT untuk Kehidupan Sehari-Hari"