Inilah Cara Memilih Tali Tambang yang Tepat

Tali tambang ada banyak macamnya, namun tali tambang plastik menjadi yang paling disukai karena memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah harga tali tambang berbahan plastik lebih murah. 

Siapa yang tak tertarik dengan produk yang mampu menawarkan daya tahan yang tinggi, namun dengan harga yang sangat terjangkau? Itulah mengapa masyarakat lebih suka untuk menggunakan tali tambang ini.

Masyarakat biasa menggunakan tali tambang untuk aktivitas harian mereka, terutama untuk mengikat barang-barang, membuat simpul, menarik barang dan lain sebagainya. Tetapi banyak juga yang memanfaatkan tali tambang untuk dekorasi, sebagai penambah detail yang mempercantik desain rumah atau bangunan tertentu.

Tali tambang biasa dijual dalam bentuk roll dengan panjang yang bervariasi, dan jarang dijual dalam bentuk meteran secara ecer.

Anda bisa menemukan tali tambang plastik atau tali tambang jenis lainnya di toko material terdekat. Bisa juga menemukannya di toko perlengkapan alat berat, dengan tipe dan jenis yang beragam pula.

Cara Memilih Tali Tambang Sesuai Jenisnya

Cara Memilih Tali Tambang Sesuai Jenisnya

Kebutuhan masing-masing industry berbeda, Anda tidak bisa menyamaratakan industry yang satu dengan yang lainnya dengan menggunakan satu jenis tambang yang sama.

Sebab ada industry yang membutuhkan tali tambang yang lebih kuat seperti manufaktur dan pertambangan, Anda tentu tak bisa memakai sembarang tali.

Supaya tidak salah memilih antara tambang plastik atau tambang jenis lainnya, Anda bisa cek beberapa jenis tali tambang berikut ini :

1. Tali Polypropylene (PP)

Tali tambang plastik yang satu ini dinamakan sesuai dengan bahan bakunya, sebab memang dibuat dari bahan plastik. Adapun plastik polypropylene ini merupakan sebuah banyak turunan dari minyak da diketahui terbagi menjadi dua macam jenisnya. Antara lain :
  • PP Monofilament
  • PP Multifilament
Hal yang membedakan keduanya ada pada jenis permukaannya, ukuran seratnya, pengaplikasiannya dan juga ketahanan dari tali tambang plastik itu sendiri. 

Untuk jenis tambang PP Monofilament atau disebut juga sebagai PP Mono, ukuran seratnya lebih besar. Kemudian permukaan dari PP Multi atau PP Multifilament lebih halus, sebab PP Mono memang diketahui memiliki tekstur yang lebih kasar.

Walau teksturnya lebih halus, ternyata ketahanan dari PP Multi malah lebih bagus dan bahkan sering digunakan dalam industry kapal. Mereka menggunakan PP Multi untuk menarik dan menambatkan kapalnya.

2. Tali Nilon

Untuk jenis tali tambang yang satu ini, bahannya adalah serat nilon yang awalnya diciptakan untuk menggantikan tali sutera yang mahal. Tetapi ternyata seiring zaman, rupanya tali nilon pun memiliki fungsi yang lebih beragam dan multifungsi. 

Mulai dari mempermudah kebutuhan industri pabrikasi, dok, perkapalan, minyak dangas, transportasi dan lain sebagainya.

Ada banyak hal yang membuat tali nilon lebih disukai untuk dipakai sehari-hari, adapun beberapa keistimewaannya adalah berikut ini :
  • Breaking load atau ketahanannya sangat tinggi dibandingkan dengan tali tambang lainnya
  • Tahan gesekan dengan lebih baik
  • Memiliki kemampuan untuk kembali ke bentuk semula, walau sudah diberi tekanan tarik atau beban yang disebut sebagai Stretch Properties

3. Tali Polyethylene atau PE

Jenis tali tambang ini dibuat dengan mengekstrusi plastik polyethylene terlebih dahulu menjadi serat atau filament. Setelah itu serat tersebut akan diubah menjadi strand, lantas sebanyak tiga atau empat strand pun dipilin menjadi tambang PE yang siap untuk digunakan.

Tali tambang polyethylene memiliki karakteristik khusus, antara lain adalah :
  • Tahan terhadap air
  • Memiliki bobot yang ringan
  • Memiliki ketahanan yang baik terhadap sinar matahari langsung
  • Tahan juga terhadap oli dan minyak
  • Bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama
  • Memiliki harga tali tambang yang ekonomis dan hemat
Itulah dia mengapa tali tambang yang satu ini lebih laku di tengah masyarakat. Bagi Anda yang sedang mencari tali tambang plastik, atau sedang mencari harga tali tambang yang paling terjangkau dengan kualitas premium, cek harga tali tambang disini!

Megajaya adalah perusahaan yang menjadi spesialis lifting equipment sejak 1983 dan memiliki pengalaman puluhan tahun di bidangnya. Bisa diandalkan dan tentunya akan memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Memilih Tali Tambang yang Tepat"