5 Tempat Wisata Sejarah Anti Membosankan di Kota Malang

Punya rencana menghabiskan liburan akhir tahun kemana, nih? Ada banyak pilihan destinasi wisata menunggu kamu seperti pantai, bukit hingga danau, lho. Namun, kalau kamu bosan dengan tempat wisata semacam ini bisa coba pindah haluan ke tempat-tempat bersejarah.

Tempat Wisata Sejarah Anti Membosankan di Kota Malang

Salah satu kota yang memiliki beragam pilihan tempat bersejarah adalah Malang. Kota pelajar ini punya berbagai candi hingga museum yang masih terjaga keasliannya. Nah, kalau kamu jadi berkunjung ke tempat wisata bersejarah di Malang, tak perlu khawatir perihal akomodasi. Malang punya puluhan hotel murah untuk dipakai menginap. Nah, berikut ini adalah lima tempat wisata sejarah di Malang.

1. Klenteng En Ang Kiong

Sudah sejak lama ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya, Klenteng En Ang Kiong rupanya berdiri sejak tahun 1825. Saking tuanya bangunan Klenteng ini, kamu akan merasakan aura khidmat nan religius yang menguar saat menapaki altar depan klenteng.

Daya tarik dari klenteng ini sendiri ada pada arsitekturnya yang tidak murni Tiongkok saja, tetapi juga digabungkan dengan unsur Eropa.

Klenteng En Ang Kiong tidak pernah sepi dari persembahan umat khonghucu. Kalau kamu datang ke sini, biasanya akan mendapati acara bakti sosial umat keagamaan. Terkadang, tak hanya umat Konghucu, tetapi juga umat Tao dan Buddha.

2. Gereja Ijen

Gereja Katedral Malang atau lebih dikenal sebagai gereja Ijen merupakan salah satu bangunan keagamaan bernilai sejarah yang sangat terkenal. Arsitektur khas belanda pun masih sangat kental terlihat di gereja ini.

Mampirlah sebentar ketika gereja Ijen sedang sepi untuk berfoto-foto. Di kawasan luar gereja sendiri juga terdapat jalan besar atau yang lebih dikenal dengan istilah Boulevard. Nah, kamu bisa duduk-duduk sebentar di kursi umum yang disediakan di pinggiran Boulevard. Pemerintah kota Malang juga menyediakan fasilitas air minum gratis yang ada di sebelah tempat duduk.

3. Candi Badut

Siapa sangka, di Malang juga terdapat peninggalan sejarah berupa candi yang usianya sudah sekitar 1400 tahun lebih. Candi Badut sendiri merupakan peninggalan raja gajayana yang juga diabadikan dalam salah satu wilayah di kota Malang.

Meskipun bangunan candi badut sendiri tidak seluas candi lain, tetapi objek wisata ini sudah cukup memanjakan mata. Candi Badut sendiri juga memiliki ruangan kecil berukuran 5 kali 3 meter dengan yoni dan lingga di dalamnya. Kamu yang berkunjung ke sini akan diperbolehkan mengambil objek foto sepuas-puasanya. Penjaga candi sendiri akan memperbolehkan pengunjung untuk mengambil gambar.

4. Gunung Kawi

Gunung kawi merupakan salah satu wisata bernilai budaya yang juga mengandung unsur sejarah. Gunung ini sendiri terbilang sangatlah populer diantara warga Malang sendiri. Meski selama ini gunung kawi dikaitkan erat dengan hal-hal mistis berupa tempat untuk menarik pesugihan, sebenarnya gunung ini sendiri mempunyai sisi sejarah yang sangatlah tinggi.

Kalau kamu ingin tahu kisah sejarah di gunung kawi lebih lengkap, bisa bertanya ke penjaga gunung kawi dan sesepuh yang menjaga makam. Tersedia pula besek berkat yang dijual dengan harga mulai dari 90 ribuan. Besek berkat ini dipercaya bisa memberikan keberkahan bagi siapa saja yang mengkonsumsinya.

5. Kampung Heritage Kayutangan

Bila kamu ingin datang ke tempat bersejarah yang juga bisa dijadikan objek foto-foto terbaik, silahkan datangi kampung Heritage Kayutangan. Ini merupakan sebuah kampung kecil dengan ornamen dan arsitek rumah khas belanda.

Beberapa benda yang ditaruh di sudut-sudut kampung ini sendiri sangatlah bernilai sejarah, serta tidak meninggalkan kesan masa lalu. Datangi kampung ini di siang hari supaya kamu bisa mendapatkan potret objek dengan cukup jelas.

Bila lapar, segeralah melipir ke warung-warung makan yang disediakan di kampung heritage kayu tangan. Tersedia banyak sekali rumah makan rumahan dengan menu-menu khas Malang yang terlalu enak bila hanya dilewatkan.

Opsi liburan ke tempat bersejarah nggak akan terasa membosankan dengan rekomendasi tempat sejarah di Malang ini. Tertarik mengunjunginya? Jangan lupa tentukan tanggal liburan kamu dan pesan segera hotel dan tiket pesawat atau kereta. Banyak pilihan hotel murah di Malang, misalkan saja Amaris Hotel yang memiliki fasilitas terbaik dengan harga yang terjangkau.

Posting Komentar untuk "5 Tempat Wisata Sejarah Anti Membosankan di Kota Malang"