Perhatikan Ini! 5 Langkah Mencuci Muka yang Benar

Beraktivitas seharian membuat kulit muka kusam. Apalagi muka atau wajah termasuk bagian tubuh yang paling sensitive karena sering terkena debu dan kotoran dari udara secara langsung. Belum lagi efek UV dari sinar matahari yang membuat kulit wajah jadi rusak.

Demi menjaga agar kulit muka tetap sehat dan bersih, biasakan untuk membersihkannya dengan benar. Masalahnya tidak banyak orang yang tahu cara mencuci muka yang benar. Kebanyakan yang dilakukan orang-orang adalah membasuh muka dengan air saja. Sebagian lagi ada yang menambahkan facial wash untuk melengkapi rangkaian cuci muka.

Mencuci Muka Tidak Hanya Menghilangkan Kotoran

Tujuan utama mencuci muka adalah untuk membersihkannya dari debu dan kotoran yang menempel. Namun bukan hanya itu saja tujuannya. Kulit muka juga perlu dirawat dan diberi kelembaban ekstra agar tetap terlihat sehat.

Rajin cuci muka membuat kulit muka menjadi bersih, lembab dan lebih cerah. Hal itu karena proses pembersihan muka melibatkan sabun cuci muka yang mengandung bahan-bahan aktif untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Itulah mengapa penting untuk menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit kita. Agar bahan aktif yang terkandung di dalam sabun cuci muka bekerja maksimal untuk menjaga kebersihan dan kelembabab kulit.

Tapi apakah cara mencuci muka yang benar sudah dipraktekkan. Nyatanya mencuci muka tidak hanya membasuh dengan air dan memberinya sabun muka saja loh. Ada banyak yang harus diperhatikan agar muka benar-benar bersih dan sehat.

Cara Mencuci Muka yang Benar

Cara Mencuci Muka yang Benar

Mencuci muka identik dengan air dan sabun. Bahkan ada yang mencuci muka hanya dengan menggunakan air saja.

Kebiasaan seperti ini kebanyakan dilakukan oleh kaum laki-laki. Cari simpelnya saja. Padahal mencuci muka tidak sesederhana itu. Apalagi tujuan mencuci muka bukan hanya untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu saja, tapi juga untuk merawat kulit wajah.

Cara mencuci muka yang benar yaitu :

1. Mencuci Tangan Terlebih Dulu

Kebanyakan orang langsung membasuh muka dengan air dan mencucinya dengan sabun tanpa mencuci tangan terlebih dulu. Padahal tangan juga harus dibersihkan dari segala macam kuman. Percuma mencuci wajah jika tangan dalam keadaan kotor. Karenanya kedua tangan harus dicuci dulu pakai sabun sampai bersih.

Setelah kedua tangan dipastikan bersih dan wangi, maka tangan sudah siap untuk digunakan mencuci muka.

2. Melembabkan Kulit Wajah

Muka yang kotor dan penuh debu akan terlihat kusam. Jangan langsung membersihkannya. Melainkan tenangkan kulit wajah dengan cara membasuhnya dengan air hangat. Tujuannya agar pori-pori kulit terbuka dan kotoran pun jadi lebih mudah diangkat.

Membasuh muka dengan air juga bisa memberikan kelembaban pada kulit, sehingga kulit siap untuk dibersihkan. Karena itu pastikan untuk membasuh muka terlebih dahulu sebelum memberinya sabun cuci muka.

3. Gunakan Sabun Cuci Muka Sesuai Jenis Kulit

Saatnya mencuci muka. Gunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit. Hal ini penting karena kondisi kulit muka setiap orang itu berbeda. Ada yang jerawatan, berminyak, kering, sensitive, bahkan normal dan kombinasi.

Perhatikan sabun cuci muka yang digunakan untuk membersihkan muka. Jangan salah pilih karena bisa berakibat kulit jadi rusak. Jika kulit berminyak, pakailah sabun cuci muka yang bisa mengontrol produksi minyak berlebih. Begitu juga jika kulit kering atau sensitive. Cari sabun muka yang bebas alkohol.

Pastikan sabun cuci muka yang digunakan mengandung pelembab, agar kulit terasa lembab setelah dibersihkan.

4. Cuci Muka dengan Gerakan Memutar

Gerakan mencuci muka juga harus dibersihkan. Cara yang paling bagus adalah dengan gerakan memutar seolah sedang memijit muka. Lakukan dengan perlahan sampai menjangkau seluruh muka. Gerakan memutar ini juga memberikan efek relaksasi pada kulit, sehingga kulit merasa lebih tenang.

Pada gerakan memutar ini, semua kotoran tergerus oleh sabun muka dan terangkat dari pori-pori kulit. Selain itu kandungan yang ada di dalam sabun cuci muka juga dapat masuk ke kulit muka dengan lebih sempurna.

5. Bilas dengan Air Bersih

Langkah terakhir yaitu membilas muka yang penuh sabun dengan air yang bersih. Lebih bagus lagi kalau membilasnya dengan air hangat, karena air hangat bisa memberi kelembaban pada kulit. Pastikan tidak ada kotoran yang masih tersisa di kulit wajah ya, agar proses pembersihan wajahnya lebih maksimal.

Setelah membilas dengan menyeluruh, keringkan muka dengan menggunakan handuk yang bersih. Tepuk-tepuk perlahan pada wajah, sehingga kulit wajah terasa ditenangkan.

Bagaimana, mudah kan cara mencuci muka yang benar. Mulai sekarang lakukan 5 cara di atas agar kegiatan mencuci muka di rumah atau di tempat manapun menjadi lebih maksimal.

Posting Komentar untuk "Perhatikan Ini! 5 Langkah Mencuci Muka yang Benar"