5 Fakta Universitas Pelita Harapan Tangerang

Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang berdiri sejak tahun 1994. Sudah 27 tahun berdiri di Tangerang, sebagai kampus utamanya. Ada kampus cabangnya di Medan dan Surabaya. Hanya saja di kampus utama menyelenggarakan semua program, dari sarjana, magister dan doktoral.

UPH didirikan oleh pengusaha Kristen Indonesia yaitu Ir. Johannes Oentoro dan Dr. (HC) James Riady (Lippo Group). Mereka ingin memajukan pendidikan dari sekolah hingga pendidikan tinggi yang berbasis agama Kristen. Perkembangan kampus UPH dari nasional sampai internasional.

Sejak tahun 2006 Universitas Pelita Harapan telah membuka kelas internasional bagi warga asing untuk mendapatkan gelar sarjana di Indonesia. Mahasiswa Indonesia pun bisa mengikuti kelas internasional ini.

Ada beberapa fakta yang bisa membuka wawasan tentang kampus UPH. Kampus swasta yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

5 Fakta Universitas Pelita Harapan (UPH) Tangerang

5 Fakta Universitas Pelita Harapan Tangerang

Fakta apa saja yang ada di UPH, baca selangkapnya di bawah ini.

1. Memiliki 14 Fakultas & 30 Jurusan

Ada 14 fakultas sebagai pilihan untuk melanjurkan pendidikan. Dari fakultas yang berbasic sosial, sains, pendidikan, sampai kesehatan. Banyak pilihan yang sesuai dengan potensi calon mahasiswa.

Ada 30 prodi atau jurusan yang lebih spesifik. Banyak jurusan yang sudah berakreditasi A. Beberapa sudah memiliki kelas internasional. Pilihan tingkatan pendidikan pun di mulai dari sarjana, magister, hingga doktoral. Pastinya kualitas pendidikannya sudah terjamin.

Tidak banyak kampus swasta yang bisa mengadakan sampai doktoral. Karena perlu fasilitas yang memadai dan kualitas pendidik.

2. Fasilitas Menunjang Akdemik dan Non Akademik

UPH memberikan layanan yang bisa mengembangkan potensi mahasiswa dari akademi sampai non akademi. Bagi mahasiswa yang mau seimbang prestasinya sangat didukung.

Fasilitas akademik yang mendukung antara lain perpustakan yang lengkap, laboratorium privat (CICSO, Oracle, Microsoft, IBM, dan SAS). Ada museum, 3D printing, studio music, serta auditorium yang bisa menampung lebih dua ribu orang.

Fasilitas olahraga antara lain kolam renang yang bertaraf internasional, gymnasium, billiard, futsal, lapangan basket, voli, bulu tangkis, sampai lapangan sepak bola. Semuanya difasilitasi yang berkualitas.

Selain itu untuk membuat mahasiswa nyaman dan tetap terjaga kesehatannya ada klinik siloam, student loange, juga asrama mahasiswa.

3. Alumni yang Sukses & Terkenal

Siapa yang tidak kenal dengan dr. Reisa Broto Asmoro, dokter yang hebat dan pernah menjadi juru bicara covid-19. Itu adalah salah satu alumni UPH yang dikenal banyak orang. Alumni yang lainnya ada Agnez Mo, Sandiaga Uno, Vidi Aldiano, Jerome Kurnia, dll.

Ternyata alumninya bisa mencapai menjadi menteri dan pengusaha yang sukses yaitu Sandiaga Uno. Banyak alumninya yang menjadi pengusaha, mengembangkan bisnis, seni dan desain, maupun pendidikan. Memilih UPH pastinya karena kualitasnya pendidikannya yang terjamin.

4. Kerjasama UPH yang Sudah Internasional

Pendirinya yang berlatar belakang pengusaha, pastinya memiliki komunikasi kerjasama yang keren-keren. Dari kerjasama pendidikan antara lain Xiamen University di Cina, The National University of Singapore, Queenlands University of Techlonogy, dan masih banyak kampus luar negeri yang bergengsi.

Untuk kerjasama yang meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk ranah pekerjaan antara lain Matahari, Lippo Grup, Intel, Microsoft, Thosiba dan perusahaan nasional maupun multinasional.

Kerjasama ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mahasiswa, maupun perkembangan teknologi kampus. Sehingga kampus tetap mengikuti kemajuan teknologi. Apalagi di masa pandemi ini harus siap menghadapi pembelajaran online.

5. Penyebaran Pekerjaan Alumni

Hasil survei yang dilakukan oleh UPH dari almuni yang sudah tersebar luas baik di Indonesia maupun luar negeri. Ada lima perusahaan yang merekrut alumni Universitas Pelita Harapan untuk berkarir:
  • PT. Bank Central Asia, Tbk
  • Sekolah Dian Harapan
  • PT. Lippo Karawaci, Tbk
  • Orang Tua Grup
  • EY
Ternyata hasil lulusan UPH seimbang. Tidak hanya jurusan yang terkenal untuk melanjutkan karir di perusahaan, tapi jurusan pendidikan pun menjadi favorit lulusannya.

Fakta-fakta ini menjadikan UPH memberikan kualitas perkuliahan yang bertaraf nasional sampai internasional. Hal ini menjadikan Universitas Pelita Harapan menjadi salah satu kampus swasta yang menjadi incaran calon mahasiswa.

Posting Komentar untuk "5 Fakta Universitas Pelita Harapan Tangerang"