Cara Mengatasi Masalah di Gudang, Bisa dengan Sistem ERP ini

Bukan rahasia, jika manajemen gudang bukanlah sesuatu yang bisa dipelajari dengan cepat. Itu adalah sebuah tantangan yang sulit bagi setiap perusahaan baik skala UMKM hingga perusahaan besar. 

Jika mampu menguasai manajemen gudang dengan baik, maka bisa dipastikan produk keluar masuk dengan lebih efektif dan efisien. 

Tahukah Anda jika sekarang menggunakan software ERP manufaktur pergudangan terbaik bisa membantu dalam manajemen gudang?

Sebab dalam pengelolaan gudang selalu ada masalah yang bisa terjadi, apalagi jika Anda mengelolanya secara manual. 

Dengan memanfaatkan teknologi, masalah tersebut bisa diatasi dengan lebih mudah. Tetapi yang perlu diperhatikan, Anda juga harus tahu apa saja akar masalahnya, sehingga bisa mencari solusi untuk penyelesaiannya.

Permasalahan Manajemen Gudang yang Utama

Permasalahan Manajemen Gudang yang Utama

Sebelum membahas software ERP terbaik industri manufaktur pergudangan, ada baiknya lebih dahulu Anda ketahui apa saja permasalahan utama pada manajemen gudang itu sendiri. Simak poin-poin masalah dan juga penyelesaian manualnya sebagai berikut:

1. Proses Picking yang Kurang Optimal

Yang dimaksud dengan picking adalah sebuah proses dalam menyiapkan barang sesuai order lalu mengirimkannya sesuai dengan jadwalnya.

Jangan sampai melakukan kesalahan dalam proses ini, sebab berhubungan dengan para konsumen, dan jika salah dalam menginput data, maka barang bisa dikirim ke tujuan yang salah.

Human error akan memunculkan permasalahan pada proses ini, namun bisa diminimalisir dengan software manajemen gudang yang terkini. 

Walaupun beberapa bagian masih membutuhkan sistem manual, namun dengan adanya bantuan dari aplikasi manajemen gudang, maka akan mengurangi risiko kesalahan hingga 100%.

2. Pencatatan Persediaan Barang Dalam Gudang yang Tak Akurat

Penting sekali untuk menjaga perhitungan stok barang degan akurat juga berkelanjutan. Sebab memang ini adalah masalah yang sangat menantang untuk pengelolaan sistem manual di gudang Anda. 

Yang menjadi akar masalahnya adalah human error, mereka melakukan kesalahan perhitungan dan kadang tidak menyadarinya sebelum terjadi masalah.

Bahkan bisa juga karena SDM yang tak sengaja melakukan kesalahan saat sedang mencatat pengelolaan gudang itu sendiri.

Namun jika menggunakan software ERP manufaktur, maka hal itu bisa diminimalisir. Sebab memang perhitungan awal dan perhitungan stok regular, atau terjadi kesalahan dalam mengambil pesanan cukup memusingkan, dan rentan terjadi kesalahan jika dilakukan manual.

Kelemahan sistem manual ada pada SDM-nya kurang pengalaman, kurang pengetahuannya di dalam pengelolaan gudang yang benar.

Namun jika menggunakan software ERP manufaktur, maka risiko ini bisa Anda minimalisir.

3. Lokasi Persediaaan yang Kurang Profesional

Setiap perusahaan harus bisa menyediakan lokasi inventaris yang tepat, ini adalah cara penting dalam menerapkan manajemen gudang serta operasional gudang yang baik secara umum.

Sebenarnya masalah lokasi inventaris itu sendiri hanya akan terasa ketika produk baru terus menerus datang, sementara lokasi ruang sangat terbatas, sehingga butuh lebih banyak batasan supaya inventaris baru bisa disimpan dengan baik.

Tanpa pengetahuan penyimpanan lokasi inventaris yang benar, maka operasi gudang pun akan melambat dan bisa merugikan perusahaan. Lebih baik beralih pada software ERP manufaktur pergudangan terbaik, yang bisa menyelesaikan masalah ini dengan kemajuan teknologi.

4. Layout Gudang yang Kurang Efektif dan Efisien

Permasalahan manajemen gudang yang cukup riskan adalah layout gudang, sebab tata letak barang dalam gudang menjadi pisau dengan dua mata yang tajam.

Jika Anda bisa mengaturnya dengan benar dan tepat, maka proses operasional gudang pun jadi lebih cepat. Namun jika sebaliknya, maka bisa melumpuhkan operasional gudang penyimpanan Anda secara perlahan.

Seharusnya Anda sudah mengetahui seperti apa tata letak gudang yang standar, setidaknya ketahui sudah sesuai dengan manajemen sistem yang Anda terapkan dalam gudang itu sendiri. 

Sebab urusan ini adalah penyesuaian sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaannya. Anda boleh menentukan sendiri, sesuai dengan aksesibilitas stok produk pada gudang milik perusahaan Anda.

Hal dasar yang wajib diketahui, yaitu item yang lebih cepat terjual maka harus mudah untuk diakses, sehingga pengambilan dan pengiriman bisa jauh lebih cepat.

Simpanlah barang tersebut di bagian depan dan mudah diakses oleh forklift. Juga barang-barang yang mudah kedaluwarsa, letakkan di bagian depan, sehingga tak akan terlupakan dan akhirnya rusak

5. Quality Control yang Tidak Berfungsi dengan Baik

Jika perusahaan Anda masih mempekerjakan sedikit pekerja, yang mana pekerja tersebut bertanggung jawab atas beberapa pekerjaan sekaligus. Maka besar sekali risikonya terjadi kesalahan yang nyaris tidak terdeteksi. Apalagi jika pekerja itu pula yang melakukan pencatatan serta pelaporan data pada atasan.

Supaya bisa menghindari terjadinya kesalahan tersebut, setidaknya Anda harus memiliki quality control yang terpisah. Jadi Anda bisa memastikan manajemen gudang serta masalah supply chain akan berjalan dengan akurat dan baik.

Permudah Manajemen Gudang dengan Menggunakan Software ERP Manufaktur

Cara Mengatasi Masalah di Gudang, Bisa dengan Sistem ERP ini

Supaya bisa mengatasi masalah dalam manajemen gudang, software ERP manufaktur adalah jawabannya. Anda bisa mempermudah operasional dalam industri manufaktur dengan software ERP terbaik ini.

Salah satu software yang sedang menjadi pembicaraan adalah SystemEver. Perangkat lunak ini sidesain khusus bagi perusahaan yang berkecimpung dalam industri manufaktur, sehingga mereka bisa mengelola seluruh kegiatan manajemennya lebih komprehensif dan terintegrasi.

Software ERP Manufaktur SystemEver i7 Series akan membantu Anda dengan semua hal yang berhubungan dengan sistem manajemen. Mulai dari pengelolaan keuangan atau akuntansi, ekspor dan impor, proses pengadaan barang, sampai dengan pengelolaan SDM.

Seri i7 merupakan sebuah produk terbaru dari Systemever, spesial untuk Anda yang memiliki perusahaan yang sedang memulai langkahnya dan berkembang. Sebab pasti mengalami kesulitan dalam integrasi data dan kesulitan mengatur sistem managemen gudangnya.

Tetapi jika perusahaan Anda sudah memiliki MPS atau Master Production Schedule, maupun BOM atau Bill Of Material juga bisa menggunakan seri i7 ini.

Bila Anda menggunakan software ini, sudah tentu pengelolaan gudang pun menjadi jauh lebih efisien. Anda bisa melakukan perencanaan produksi dan penerapannya dengan lebih mudah dan efektif.

Berikut hal yang akan Anda nikmati jika menggunakan seri i7:

Sistem Cloud ERP yang canggih

Nikmati kecanggihan sistem cloud ERP, sehingga pelaku bisnis dan para karyawan bisa mengekspor berbagai data dengan cepat, mudah, dan efisien. 

Sistemnya sudah terintegrasi, bisa membantu Anda jadi lebih produktif, walaupun Anda tak sedang berada di lokasi perusahaan. Data bisnis Anda bisa diakses dengan lebih aman dan akurat melalui gadget mobile.

Visual K

Ini adalah sebuah fitur khas yang sangat diidamkan, sebuah fitur yang bisa berikan Anda informasi pemetaan proses visual, juga sekaligus menyediakan user interface yang sederhana untuk Anda. lebih cepat bagi siapapun untuk beradaptasi dalam mempelajari software tersebut.

Memantau Laporan Bisnis di Mana pun

Waktu adalah uang, sehingga teknologi ERP dalam seri i7 ini membantu Anda memantau bisnis secara real time. Anda bisa mengecek kondisi gudang di mana pun Anda berada, memantau produk mana saja yang sedang populer di masyarakat dan keputusan bisnis pun bisa diambil dengan lebih mudah serta tepat pada sasaran.

Catatan Keuangan Perusahaan yang Lebih Rapi

Bila Anda memakai software ERP manufaktur pergudangan seri i7, keuangan perusahaan menjadi lebih rapi lagi. Karena sistem ERP ini akan mengelola laporan keuangan lebih baik, sistem mencatat transaksi pembelian serta penjualan barang perusahaan, sistem pengelolaan stok barang, juga bisa mencetak invoice.

Jika Anda menggunakan software ERP Manufaktur seri i7, mampu tingkatkan kinerja bisnis yang Anda miliki. SystemEver Indonesia akan menjadi mitra bisnis Anda yang paling kredibel dan terpercaya, silahkan klik https://systemever.co.id/id/join-partner dan pastikan bisnis Anda dikelola dengan lebih gampang.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Masalah di Gudang, Bisa dengan Sistem ERP ini"