Asuransi : Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Berbicara mengenai asuransi tentunya bukan hal baru, walau begitu masih sedikit orang yang belum memahami lebih dalam mengenai asuransi itu sendiri. Padahal salah satu layanan keuangan ini memberikan banyak manfaat bagi pemegang polis.

Umumnya terdapat berbagai faktor yang membuat orang enggan atau tidak tergerak untuk memiliki polis. Misalnya, biaya premi yang besar, banyaknya jenis asuransi, merasa tidak yakin dengan manfaat yang akan diterima, dan banyaknya kasus tidak mengenakan tentang asuransi.

Oleh sebab itu, penting untuk memahami terlebih dahulu tentang asuransi itu sendiri. Agar tidak salah beli polis untuk perlindungan keluarga Anda.

Mengenal Asuransi dan Manfaatnya

Asuransi adalah layanan keuangan berupa pertanggungan perusahaan asuransi terhadap berbagai risiko yang timbul dan merugikan tertanggung sebagai pemegang polis. Untuk klaim pertanggungan ini, pemegang polis harus membayar sejumlah premi sesuai produk yang dipilih.

Berdasarkan informasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bahwa klasifikasi asuransi terbagi menjadi tiga hal yaitu pengelolaan dana, tujuan operasional dan jenis asuransi. Sedangkan untuk manfaat dari memiliki asuransi, yaitu:
  • Melindungi keluarga di masa mendatang.
  • Memberikan rasa aman ketika suatu hari mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kehilangan penghasilan.
  • Dapat melindungi kesehatan fisik maupun mental jika terjadi kecelakaan.
  • Melindungi masa depan keluarga terhadap risiko meninggal dunia.
  • Sebagai investasi untuk masa depan keluarga yang tetap cerah dan terlindungi.

Jenis-Jenis Asuransi

Jenis-Jenis Asuransi

Jenis asuransi berpengaruh terhadap manfaat yang didapat. Seperti asuransi kesehatan yang mana ada yang full cover jenis penyakit, ada juga yang khusus risiko penyakit tertentu saja. Karenanya, penting untuk mengenal jenis-jenis asuransi agar tidak salah pilih.

1. Asuransi Kesehatan

Salah satu asuransi yang memiliki banyak peminat yaitu asuransi kesehatan. Hal ini karena biaya pengobatan sangat besar dan bisa memberikan beban yang lumayan berat terhadap finansial keluarga. Untuk proteksi diri dan keuangan asuransi kesehatan menjadi solusinya.

Manfaat yang didapat dari asuransi kesehatan ini berupa rawat inap, rawat jalan, tebus obat, tes laboratorium, hingga jaminan meninggal dunia. Untuk jenis penyakit yang ditanggung cukup beragam sesuai yang ditawarkan pada produk asuransi.

2. Asuransi Jiwa

Kita tidak pernah tahu berapa lama lagi hidup di dunia. Karena kematian rahasia Sang Pencipta, datangnya pun bisa secara tiba-tiba karena kecelakaan, sakit dan lain-lain. Asuransi jiwa inilah dapat memberikan perlindungan terhadap kondisi keuangan keluarga kelak.

Pada asuransi jiwa terdapat manfaat bagi ahli waris jika tertanggung meninggal dunia yaitu sejumlah uang dari premi yang dibayarkan setiap bulan atau tahunnya. Oleh sebab itu, pahami dan teliti saat membaca manfaat dari asuransi jiwa.

3. Asuransi Pendidikan

Sudah menjadi rahasia umum jika biaya pendidikan setiap tahunnya terus meningkat, sehingga penting untuk mempersiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin. Agar masa depan pendidikan anak tetap terpenuhi.

4. Asuransi Kendaraan

Anda memiliki kendaraan di rumah? Jangan lupa untuk asuransikan kendaraan Anda karena memiliki banyak manfaat ketika terjadi hal-hal yang tidak terduga. Klaim Asuransi kendaraan yaitu kehilangan atas pencurian, kerusakan karena bencana alam maupun kecelakaan.

5. Asuransi Hari Tua

Setiap tahunnya terjadi inflasi keuangan yang membuat harga-harga meningkat yang mana biaya untuk hidup sehari-hari menjadi semakin besar. Sedangkan persaingan di dunia kerja sangatlah tinggi, terlebih jika memasuki usia tidak porduktif.

Oleh sebab itu, penting untuk mempersiapkan hari tua sebaik mungkin. Solusinya cukup mudah yaitu dengan memiliki asuransi dana pensiun atau hari tua. Tujuan dari memiliki dana ini untuk melindungi masa tua tetap bahagia tanpa khawatir akan masalah keuangan.

Dengan memilih jenis asuransi yang tepat sesuai kebutuhan Anda masa depan akan terlindungi dengan baik. Pilihlah asuransi dari perusahaan yang menawarkan beragam manfaat untuk diri sendiri maupun anggota keluarga lain. Misalnya membeli asuransi kesehatan Prudential.

Sebagai penyedia layanan asuransi, Prudential menawarkan produk asuransi kesehatan untuk perlindungan penyakit kritis, medis kecelakaan dan disabilitas. Untuk manfaat pertanggungan yang akan didapat yaitu biaya rawat inap, rawat jalan, dan lain-lain.

Keuntungan dari asuransi kesehatan Prudential yaitu fleksibel ketika memilih kamar untuk rawat inap, perlindungan komprehensif terhadap situasi kritis dan asuransi yang memberikan perlindungan lengkap terhadap kecelakaan.

Yuk, lindungi keuangan dan keluarga di masa depan dengan memiliki asuransi tepat sesuai kebutuhan.

Posting Komentar untuk "Asuransi : Pengertian, Jenis, dan Manfaat"